Jual Hadroh Tanjung Pinang Kepulauan Riau 0852-3836-4221

Jual Hadroh Tanjung Pinang Kepulauan Riau

Sangat menarik bagaimana Islam bisa hadir di kepulauan ini? Seperti kemunculan hadroh di riau, Jual hadroh Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

Al-Quran sebagai wahyu Tuhan diterima oleh umat Islam manusia dengan nilai intrinsik spiritual atau abadi. Masyarakat Tanjung Pinang Riau sendiri kebanyakan adalah suku Melayu. Pengaruh apa saja yang diberikan Islam pada masyarakat Tanjung Pinang Kepulauan Riau?

Sejarah Islam di Kepulauan Riau

Riau pada abad 18 dan 19 telah menjadi pusat kebudayaan kerajaan Melayu. Ibu kota kerajaan ini pindah dari Johor, ke Riau, lalu ke Pahang, dan ke Lingga.

Kepulauan Riau memiliki letak yang sangat strategis sebagai sentra peradaban Melayu. Berdasarkan Traktaa London pada tahun 1824, Kepulauan Riau menjadi wilayah dominasi Koloni Belanda.

Pulau ini difungsikan sebagai transit perdagangan dimana beberapa Negara bertemu sebagai pedagang. Selain berdagang, beberapa orang juga datang ke Riau untuk mengajarkan dan menyebarkan agama, termasuk saudagar Arab yang mengajarkan agama Islam kepada masyarakatnya.

Saudagar Arab ini membawa serta budaya asli mereka yang berdampak pada kearifan local orang-orang. Hal  terbukti di masyarakat Kepulauan Riau. Kata Riau berasal dari rio yang berarti “sungai” atau sungai dalam bahasa Inggris.

Riau adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa Portugis. Cepat atau lambat kata itu berubah ejaannya menjadi Riau sedangkan orang Belanda biasa menulis Riow. Teori lain mengatakan bahwa Riau berasal dari kata rioh yang artinya mirip bunyi, atau bisa juga berarti berisik.

Gagasan ini mungkin terinspirasi oleh fakta bahwa Kepulauan Riau pernah menjadi pusat perdagangan yang padat di masa lalu. Sultan Ibrahin Syah penguasa Melayu dari tahun 1671-1682 menamakannya tempat sebagai Bandar Rioh.

Bahasa Melayu telah digunakan di beberapa kerajaan di Nusantara untuk kepentingan politik. Kerajaan di masa lalu memiliki kekuatan independen untuk memutuskan sendiri bahasa yang digunakan sebagai komunikasi.

Dengan hadirnya bahasa Melayu kala itu, maka banyak saudagar dari Gujarat Arab yang hadir dan mulai menyebarkan dakwahnya ke provinsi. Kehadiran Islam setidaknya memberikan kesenian musik baru pada masyarakat Riau, salah satunya hadroh.

Hadroh, Kesenian Musik Baru di Riau

testimoni Jual Hadroh Tanjung Pinang Kepulauan Riau

Permainan hadroh yang berasal dari Arab menjadi bagian dari seni yang menarik. Seni dan spiritualitas Islam tidak menjadi lengkap tanpa musik. Sejak musik memiliki arti penting dari segi spiritual, maka banyak kesenian di Riau yang tidak lengkap tanpa adanya musik itu sendiri.

Hubungan seni hadroh dengan nyanyian berupa sholawat yang dinanyikan seperti membuat orang yang menyanyikan berzikir dan memuji Allah dan Rasulnya. Faktanya, sholawat yang dinyanyikan dalam seni hadroh seperti puisi. Beberapa fungsi dari hadroh sendiri adalah :

  1. Media Baru Dalam Berdakwah

Musik sangat erat kaitannya dengan nuansa spiritual yang luar biasa tumbuh dalam diri manusia. Dengan lantunan sholawat, jiwa orang yang mendengarkan turut berzikir dan  menyembah keagungan Allah.

Tuhan dengan media musik seperti alunan hadroh dan bacaan sholawat yang dinyanyikan benar-benar menjadi media dakwah yang cukup efektif  di Riau.

  1. Sarana untuk Lebih Dekat ke Allah

Islam menjadikan musik sebagai tangga untuk lebih dekat kepada Allah. Hadroh memberi alunan musik yang indah seperti gema dari surga. Alunan sholawat dan hadroh menyatukan kenikmatan dunia lain dengan keindahan dalam batin seseorang yang mendengarnya.

Hadroh menjadikan musik spiritual sebagai getaran dan gaung realitas transenden dan keimanan seseorang.  Islam melarang musik-musik yang menyebabkan kelalaian pada Tuhan dan melarang umatnya.

Islam sendiri juga melarang umat Islam untuk mendengarkan musik yang akan mengalihkan pemikiran mereka dari dunia spiritual dan menyebabkan cinta duniawi yang berlebihan.

Sebaliknya, Islam justru mempertahankan kebesaran musik hadroh dan segala aspeknya yang dapat menenangkan pikiran seluruh masyarakat.

Melalui pengajian dan lagu-lagu religi terkait dengan Nabi Muhammad. (Barzanji) hadroh menjadi sarana yang mendekatkan umat Islam pada Allah dan nabi.

  1. Menghasilkan Bentuk Musik Baru

Alat musik hadroh yang terinspirasi dari Arab ternyata bisa menghasilkan banyak akulturasi alat musik di Kepulauan Riau, termasuk bambu dan rodat. Seiring waktu kedua alat musik yang terinspirasi dari hadroh ini banyak digunakan oleh masyarakat.

Alat-alat Musik Hadroh

Lalu apa saja sih alat musik hadroh yang kemudian digunakan oleh grup vokal sholawat ketika tampil di berbagai acara pertunjukan? Beberapa perlengkapan alat musik hadroh umumnya yang digunakan adalah :

  1. Rebana

Alat musik yang sering dimainkan dalam kesenian hadroh ini mempunyai bentuk seperti kendang. Hanya saja rebana mempunyai ukuran yang lebih pipih jika dibandingkan gendang. Cara main rebana sendiri dipukul dengan telapak tangan pemain.

  1. Keprak

Selanjutnya, ada keprak yang bentuknya juga hampir sama seperti dengan kendang. Namun untuk keprak, bahannya terbuat dari perunggu, besi dan juga kulit sapi. Sementara untuk menghasilkan suara, pemain hadroh cukup memukulnya saja dengan telapak tangan.

  1. Bass

Berbeda dengan bass yang biasanya ada di musik-musik rock, untuk kesenian hadroh, bass yang digunakan terbuat dari kayu, besi dan kulit sapi atau kambing. Fungsi dari bass hadroh dan musik lainnya sama saja, yakni menyeimbangkan irama dari alunan musik.

  1. Darbuka

Sebenarnya, tidak semua kelompok hadroh menggunakan alat bernama darbuka ini. Namun, kelompok hadroh di Kepulauan Riau juga banyak kok yang menggunakan darbuka ini. Cara main darbuka sama seperti keprak, yakni dipukul menggunakan telapak tangan.

Jual hadroh Tanjung Pinang Kepulauan Riau siap melengkapi koleksi alat hadroh Anda, yuk beli hadroh segera di jual hadroh Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Selain di tanjung pinang, arrahmanrebana juga hadir di Jual Hadroh Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung dan Jual Hadroh Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?