Jual Hadroh Pekanbaru Riau 0852-3836-4221

Jual hadroh pekanbaru Riau

Islam adalah agama universal yang berasal dari Allah SWT kepada semua orang. Islam memberi cahaya kepada manusia untuk membentuk peradaban berdasarkan tuntunan Tuhan tanpa mengesampingkan peran akal manusia.

Cahaya Islam juga dirasakan oleh orang-orang di Pekanbaru Riau yang saat itu mulai menyebarkan Islam.  Upaya penyebaran Islam di Pekanbaru telah membuahkan hasil. Para ulama saat itu berbagi tugas untuk menyebarkan agama Islam kepada setiap orang, terlepas dari ras, warna kulit, keturunan, dan posisi.

Kedatangan Islam membawa pembaharuan pada kehidupan masyarakat Melayu yang tinggal di Riau. Seperti apa sih penyebaran Islam di Pekanbaru Riau itu sendiri?

Penyebaran Islam di Pekanbaru Riau

Era kejayaan Johor telah melahirkan beberapa tokoh budaya Islam dan salah satunya yang paling terkenal adalah Raja Ali (1809-1870M). Raja Ali tidak hanya ahli di bidang sejarah dan bahasa tetapi juga ahli sebagai pembuat hukum dan pedagang Melayu.

Keberadaannya di abad tersebut telah membawa Johor menjadi pusat penyebaran Islam di nusantara menggantikan kerajaan Islam Aceh. Kejayaan pemerintahan Johor-Riau dikenal sebagai era kejayaan sastra Islam di Nusantara.

Kedatangan Islam di Riau telah mengubah sistem kerajaan waktu itu yang menekankan pada hukum Islam. Apabila dahulu sistem kerajaan dipengaruhi oleh tradisi Hindu dari konsep Buddhisme, maka adanya Islam menjadikan sistem kerjaan berubah.

Kerajaan mulai mempelajari peran ulama yang bertanggung jawab menyebarkan ajaran Islam di Riau. Masing-masing ulama memiliki peran tersendiri dalam mengembangkan keislaman di Riau khususnya nusantara.

Islam telah tumbuh dan berkembang di Malaya sejak lama. Kedatangan Islam telah membawa pembaharuan kehidupan masyarakat melayu yang berbeda dengan  peradaban sebelumnya.

Pengaruh Islam di Pekanbaru

Pengaruh Islam tidak hanya berhasil mengubah kepercayaan tetapi juga sosiokultural suku Melayu dalam hal pemerintahan, pendidikan, dan budaya. Pemerintah Riau kemudian mendirikan  Sekolah Agama  atas perintah Yang Mulia Sultan Johor.

Almarhum Sultan Abu Bakar menciptakan pendidikan agama kepada anak-anak muslim di Riau dengan menggunakan bahasa Melayu.

Saat itu, bahasa Melayu banyak digunakan sebagai bahasa sehari-hari untuk memastikan bahwa anak-anak Islam di Johor menerima pelajaran agama.

Sayangnya, kedatangan Islam ke Nusantara masih turut dipengaruhi oleh agama Hindu yang telah hadir di negeri ini pada abad ke-13.

Meski Hindu datang terlebih dahulu, semua aspek ajaran Islam tetap Islam mudah diterima oleh masyarakat nusantara. Islam simbolik mencakup semua aspek kehidupan umat manusia.

Agama  Islam lebih  mudah dimengerti, tidak bertentangan dengan akal sehat, selalu rasional dan cocok untuk semua orang di segala usia dan tempat.

Misalnya dalam aspek sosial, Islam mengajarkan bahwa semua manusia adalah sederajat dan manusia yang paling mulia adalah ia yang selalu bertaqwa kepada Allah.

Islam juga memberikan jaminan sosial dan keadilan, menekankan persaudaraan gotong royong, saling menghormati, persatuan, dll. Awalnya, Islam dibawa oleh pedagang Arab ke India, dan Islam di India disebarkan ke Riau di abad ke-15.

Sejak itu dan orang Melayu telah masuk Islam. Kala itu, masyarakat Riau telah bertempur dalam banyak perang melawan kekuatan kolonial, Portugis dan Belanda untuk melindungi tanah air mereka serta mempertahankan agama Islam.

Sedangkan kekuatan kolonial selain ingin memperkuat posisi perdagangan mereka, cita-cita utama mereka adalah menyebarkan agama Kristen di antara orang Indonesia.

Perkembangan Islam di Riau kemudian menjadi lebih kuat setelah jatuhnya Malaka di Portugis pada 15 Agustus 1511.

Setelah Sultan Mahmud Shah dan putranya Sultan Ahmad Shah tewas dalam pertempuran melawan Alfonso d’Albuquerqe, putranya melarikan diri ke Bertam, lalu ke Sungai Muar kemudian mundur ke Pagoh.

Setelah diserang di Pagoh, Sultan Mahmud mundur ke Pahang. Setelah berpindah ke beberapa tempat, akhirnya Sultan Mahmud mendirikan kerajaan di Bentan sejak 1521-1526M.

Nah, karena Bentan kembali diserang pada tanggal 23 Oktober 1526, Sultan Mahmud mundur ke Kampar, dan pada 1528M, dia meninggal dan diistirahatkan di Kampar.

Sultan Mahmud kemudian digantikan oleh Sultan Muda, putra dan Sultan Mahmud Tun Fatimah. Sultan Muda yang mewarisi tahta menggunakan gelar Sultan Alauddin Riayat Shah II.

Setelah mengambil alih tahta, Sultan Alauddin mundur ke Pahang, dan akhirnya kembali ke Riau. Kemudian, Sultan Alauddin membangun pusat pemerintahan di dekat Sungai Johor, Sayong.

Islam berkembang di Johor, Riau setelah pemerintah Melayu didirikan pada tahun 1528M. Islam diperkuat melalui berbagai macam metode dan sarana melalui rujukan upaya  pemerintah  Malaka.

Perkembangan Islam ke dalam dunia Melayu telah mendorong pengembangan pembelajaran, budaya dan pengetahuan di kalangan orang Melayu. Salah satu budaya baru yang muncul di Pekanbaru Riau adalah seni musik hadroh.

Alat Musik Hadroh Populer di Riau

testimoni Jual hadroh pekanbaru Riau

Menjadi agama yang berkembang di Riau membuat kesenian hadroh terkenal di provinsi ini dan banyak digemari oleh masyarakatnya. Beberapa alat musik yang populer di Riau adalah :

  1. Rebana

Siapa sih yang tidak mengenal alat musik rebana satu ini? Rebana memainkan peran yang amat penting dalam kesenian hadroh. Cara mainnya cukup mudah, yakni dipukul dengan kedua telapak tangan pemain hadroh. Jika Anda membutuhkan rebana dengan kualitas terbaik ada pada Jual Hadroh Pekanbaru Riau.

  1. Bass

Hadroh juga memiliki alat musik bernama bass untuk menjaga harmonisasi nada atau lagu yang dinyanyikan oleh pemain. Cara untuk memain hadroh adalah dipukul dengan sebuah tongkat.

  1. Keprak

Nah, kalau keprak ini hampir sama seperti kendang ya. Namun di musik hadroh, kendang yang menghasilkan nada untuk mengenakkan lagu ini dikenal dengan nama keprak. Anda dapat mendapatkan keprak hanya di situs https://www.arrahmanrebana.com/ Jual Hadroh Padang Sumatera Barat dan Jual Hadroh Medan Sumatera Utara.

Hadroh, juga menjadi salah satu kesenian Arab yang berkembang di Riau. Anda yang ingin belajar hadroh, cobalah membeli perlengkapan hadroh di toko Jual hadroh Pekanbaru Riau. Jual hadroh Pekanbaru Riau bisa menjadi tempat yang tepat untuk berbelanja perlengkapan hadroh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?