Jual Hadroh Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung 0852-3836-4221

Jual hadroh pangkal pinang Kepulauan Bangka Belitung

Ajaran agama Islam mulai masuk dan mempengaruhi kebudayaan masyarakat Kepulauan Bangka Belitung, salah satunya pada suku Lom. Masyarakat  Kepulauan Bangka Belitung percaya bahwa Islam adalah agama yang sakral dan perlu dipelajari.

Islam bukan hanya agama tapi juga ilmu pengetahuan, sehingga mereka tidak melarang anak-anak untuk mempelajarinya di sekolah atau di luar sekolah. Lom adalah salah satu komunitas suku Melayu Mapur di Pulau Bangka.

Lom memiliki ciri khas tersendiri dengan kepercayaan pada mitos, magis, dewa dan animisme. Hingga kemudian Islam hadir di kepulauan Bangka dan membawa perubahan baru dalam cara suku Lom bertindak. Seperti apa sih pengaruh Islam pada masyarakat Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung sendiri?

Penyebaran dan Pengaruh Agama Islam di Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung

Semenjak Islam hadir di  Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung, suku Lom mengadopsi nilai-nilai budaya yang besar di sekitarnya. Integrasi Islam sebagai akulturasi budaya diadopsi dan bahkan menjadi sebuah sintesis ideologis atau struktur nilai baru.

Integrasi tersebut juga membentuk norma, moral, nilai-nilai, dan aturan pranikah dalam masyarakat dari abstraksi simbolik budaya tinggi.

Proses akulturasi dan integrasi suku Lom dilakukan dengan :

  1. Pertama, oposisi batin Lom antara memegang teguh prinsip dan pilar fundamental warisan leluhur dengan mengadopsi sistem nilai baru sebagai sistem budaya yang dominan.
  2. Kedua, menyaring nilai dan norma baru dan memasukkannya sebagai bagian dari sistem nilai lama.
  3. Ketiga, menggabungkan sistem nilai baru sebagai bagian penting dari warisan leluhur.
  4. Keempat, membawa keluar nilai-nilai lama dan nilai-nilai baru sebagai bagian integral dari sistem kepercayaan leluhur.

Secara konseptual, istilah yang digunakan oleh Lom merupakan adaptasi dari prinsip dasar agama Islam. Perubahan  itu juga muncul  dalam faktor kebudayaan. Salah satu kebudayaan yang muncul karena proses Islamisasi di Kepulauan Bangka Belitung adalah seni hadroh.

Kesenian ini menjadi media dakwah dan seni pertunjukan bagi masyarakat muslim di Kepulauan Bangka Belitung.

Kesenian Hadroh di Kepulauan Bangka Belitung

testimoni Jual hadroh pangkal pinang Kepulauan Bangka Belitung

Banyak pesantren dan majlis taklim di Bangka Belitung mengadakan pengajian setiap kali memperingati hari lahir Nabi Muhammad (maulid). Berbagai cara merayakan maulid Nabi Muhammad SAW digelar, salah satunya adalah dengan seni hadroh.

Kesenian ini menandakan bahwa penghormatan terhadap Nabi tidak lepas dari pluralisme budaya.

Nabi Muhammad memiliki kepribadian yang luhur, cinta dan penghormatan kepada Nabi dimanifestasikan dengan perayaan keagamaan yang dinamakan barzanji. Kesenian hadroh di kota ini selalu muncul dalam beragam kegiatan acara agama seperti :

  1. Maulid Barzanji

Maulid al-Barzanji merupakan salah satu budaya klasik Islam tradisional. Acara ini semacam perayaan yang dinyanyikan untuk memperingati kelahiran dan kebesaran Muhammad. Kegiatan barzanji dengan menggunakan hadroh secara tradisional dibacakan pada hari kelahiran Nabi.

Meskipun ditentang oleh beberapa gerakan Islam, pembacaan al-Barzanji memiliki legitimasi tersendiri, bukan hanya karena mengandung unsur Sufi ‘yang merupakan bagian dari ilmu pengetahuan tradisional Islam’.

Barzani menonjolkan ekspresi budaya cinta masyarakat Muslim Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung untuk Nabi Muhammad.

  1. Tabligh Akbar

Acara tabligh akbar juga biasanya menggunakan seni hadroh untuk membuat acara penyebaran dakwah Islam ini lebih variatif. Pendekatan dakwah Islam melalui penyampaian khotbah mungkin memiliki efek yang membosankan bagi orang-orang.

Metode khotbah bagi hanya cocok untuk mereka yang memiliki kesadaran agama yang kuat. Jadi, tidak heran jika di Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung, tabligh akbar juga menggunakan hadroh untuk membuat acara semakin semangat.

Pembacaan sholawat dan zikir yang dinyanyikan oleh kelompok hadroh secara tidak langsung bisa menanamkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad oleh siapapun yang menghadiri tabligh akbar.

  1. Acara Tradisi dan Adat

Seni adalah elemen universal yang dapat ditemukan budaya masa lalu, budaya masa kini dan di mana-mana. Seni hadroh ini juga bisa ditemukan di acara tradisi di Pangkal Pinang.

Mulai dari acara aqiqah, walimatul khitan hingga resepsi pernikahan di Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung, kesenian hadroh hampir menjadi pelengkap acara-acara di atas.

Banyak masyarakat di provinsi ini yang menggunakan kesenian hadroh untuk membuat acara adat dan tradisi semakin lebih menarik.

Fungsi Hadroh di Kepulauan Bangka Belitung

Seni hadroh sekarang juga bisa digunakan sebagai perekat hubungan sosial dalam masyarakat. Seni hadroh atau bisa juga disebut rebana menjadi perekat hubungan sosial (ukhuwah islamiyah) antara semua orang Muslim. Dengan hadroh, ratusan hingga ribuan orang berkumpul untuk bernyanyi.

Semua orang saling melantunkan holawat bersama untuk memuji dan berzikir kepada Allah dan Nabi Muhammad. Fungsi hadroh sendiri cukuplah besar dalam memperdalam keimanan seorang umat Islam di antaranya adalah :

  1. Sebagai media untuk memuji Allah dan Nabi Muhammad
  2. Mengandung nilai-nilai religius dengan -unsur ritual dan dakwah.
  3. Hadirnya unsur tawakkal dan syukur pada siapapun yang melantunkannya.
  4. Memberikan pemahaman religi dalam lingkup engetahuan di mana orang yang mendengarkan hadroh bisa memahami lirik dan tahu sejarah perjalanan Nabi Muhammad dalam lagu sholawat yang dinanyikan.

Apakah Anda mempunyai kelompok hadroh atau ingin mempelajari kesenian budaya Islam ini? Anda bisa memulainya dengan membeli berbagai peralatan hadroh terlebih dahulu. Di situs arrahmanrebana.com terdapat banyak pilihan hadroh untuk Anda, seperti di Jual Hadroh Bandar Lampung dan Jual Hadroh Bengkulu.

Jual hadroh Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung siap melengkapi koleksi alat hadroh Anda dengan harga yang jauh lebih ekonomis. Yuk, beli peralatan hadroh hanya di jual hadroh Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?