Jual Hadroh Palembang Sumatera Selatan 0852-3836-4221

Jual Hadroh Palembang Sumatera Selatan

Menurut arsip sejarah, Kerajaan Samudra Pasai didirikan sebagai kerajaan Islam pertama di Sumatera pada abad ke-13 dan menjadi pusat Islam di wilayah tersebut. Pada tahun 1292, ketika Marco Polo, seorang penjelajah Italia, kembali dari Cina ke Italia, ia singgah di Sumatera bagian utara dan menemukan bahwa banyak penduduk di sana telah memeluk Islam. Selain itu di daerah palembang juga terdapa tempat jual hadroh Palembang Sumatera Selatan.

Ketika menulis tentang kerajaan Perlak, Marco Polo berkata bahwa umat Islam selalu berkunjung dan berdakwah di sana, umat Islam yang hadir di Sumatera mengajarkan penduduk asli untuk percaya pada Islam.

Ia mencatat bahwa kepercayaan semacam itu terbatas pada penduduk kota. Seperti apa sih perjalanan Islam untuk datang membawa ajarannya ke daerah Sumatera? Khusunya di Palembang Sumatera Selatan.

Pengaruh Kerajaan Sriwijaya dalam Penyebaran Agama Islam di Palembang

Penyebaran agama Islam turut dipengaruhi oleh kerajaan terbesar di Palembang, yakni Kerajaan Sriwijaya. Meski Sriwijaya adalah kerajaan Buddha dan Raja Sriwijaya mempraktikkan Buddhisme Mahayana dari India, namun kerajaan ini juga turut menyebarkan agama Islam/

Ya, kerajaan Sriwijaya bekerja sama dengan para pedagang dari Arab, Mesopotamia dan negara-negara Islam lainnya. Sumatera Abad pada Pertengahan dikenal sebagai “Tanah Emas”. Para penguasa dilaporkan sangat kaya sehingga mereka melempar emas batangan ke kolam setiap malam untuk menunjukkan kekayaan mereka.

Sumatera merupakan sumber cengkeh, kamper, lada, kulit penyu, kayu lidah buaya, dan kayu cendana  beberapa di antaranya berasal dari tempat lain. Para pelaut Arab mengkhawatirkan Sumatera karena dianggap sebagai rumah para kanibal. Sumatera diyakini sebagai situs Sinbad yang dipenuhi oleh para kanibal.

Sumatera merupakan wilayah pertama Indonesia yang melakukan kontak dengan dunia luar. Orang Cina datang ke Sumatera pada abad ke-6. Pedagang Arab pergi ke sana pada abad ke-9 dan Marco Polo mampir pada 1292 dalam perjalanannya dari Cina ke Persia.

Awalnya Muslim Arab dan Cina mendominasi perdagangan. Ketika pusat kekuasaan bergeser ke kota-kota pelabuhan selama abad ke-16, Muslim India dan Melayu mendominasi perdagangan. Pedagang dari India, Arab dan Persia membeli barang-barang Indonesia seperti rempah-rempah dan barang-barang Cina. Kesultanan awal disebut “kerajaan pelabuhan”.

Beberapa menjadi kaya karena mengontrol perdagangan produk tertentu atau melayani sebagai stasiun jalan di jalur perdagangan. Orang Minangkabau, Aceh, dan Batak dan orang pesisir di Sumatera mendominasi perdagangan di pesisir barat Sumatera.

Orang Melayu mendominasi perdagangan di Selat Malaka di sisi timur Sumatera. Budaya Minangkabau dipengaruhi oleh serangkaian kerajaan Melayu dan Jawa abad ke-5 sampai ke-15 (Melayu, Sri Vijaya, Majapahit dan Malaka).

Sriwijaya mampu mengendalikan sebagian besar perdagangan di Asia Tenggara sebagian karena lokasinya di Selat Melaka antara kekaisaran Timur Tengah, India dan Cina.

Pedagang dari Arab, Persia, dan India membawa barang ke kota pesisir Sriwijaya dengan imbalan barang dari China dan produk lokal. Pada puncaknya di abad kesembilan dan kesepuluh, Sriwijaya memperluas kekuasaan komersialnya.

Mendominasi Selat Malaka dan Sunda, Sriwijaya mengendalikan perdagangan wilayah tersebut dan tetap menjadi kekuatan laut yang tangguh hingga abad ketiga belas.

Kerajaan ini berfungsi sebagai pintu masuk untuk pasar Cina, Indonesia, dan India yang dapat diakses dari pantai melalui sungai, mengumpulkan kekayaan besar.

Ya, karena perdagangan inilah, para saudagar dari Arab mulai bermunculan dan menyebarkan ajaran agama Islam ke penduduk Indonesia. Tidak hanya menyampaikan agama Islam saja, namun kebudayaan Arab juga turut disebarkan kepada penduduk Palembang dan lainnya.

Salah satu bentuk kebudayaan Arab yang tersebar di Indonesia adalah hadroh. Seni hadroh saat ini masih banyak sekali digunakan untuk berbagai pertunjukan seni di Palembang, apa saja itu?

Kesenian Hadroh di Palembang Sumatera Selatan

testimoni Jual Hadroh Palembang Sumatera Selatan

Meski zaman dahulu agama Hindu menguasai kawasan Palembang, saat ini agama mayoritas yang hadir di kota ini adalah Islam. Agama Islam hadir dan mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat Palembang, khususnya di kebudayaan.

Hadroh merupakan kesenian budaya yang diadaptasi dari Arab dan menjadi pelengkap festival atau acara-acara penting di Palembang. Pada umumnya, hadroh di palembang digunakan dalam berbagai acara, di antaranya adalah :

  1. Khitanan

Setiap ada masyarakat Palembang yang memiliki khajat khitan atau sunat anak laki-lakinya, banyak orang yang menggunakan hadroh untuk memeriahkan acara tersebut.

Walimatul khitan menjadi lebih meriah jika turut mengundang kesenian hadroh yang menggema indah. Tradisi khitan dan mengundang hadroh banyak digunakan oleh masyarakat Palembang.

  1. Walimatul Ursy

Selain khitan, resepsi pernikahan atau walimatul ursy juga selalu diiringi dengan tabuhan dari alat-alat hadroh. Biasanya kelompok hadroh akan diundang ketika resepsi pernikahan diselenggarakan.

Melantunkan shalawat di acara sakral seperti pernikahan menjadi hal yang menarik bagi sebagian masyarakat Palembang yang hendak menikahkan kedua anaknya.

  1. Maulid Nabi

Ketika maulid nabi, alat musik hadroh ini selalu dimainkan dengan alunan musik sholawat dan bergema dari satu masjid ke masjid lainnya.

Tradisi maulid nabi sangat erat dengan pembacaan sholawat di masyarakat Palembang sehingga tidak heran bahwa hadroh adalah bagian yang tidak dilepaskan dari acara ini.

  1. Tabligh Akbar

Ketika ada pengajian tabligh akbar, hadroh juga menjadi kesenian musik yang selalu diundang untuk memeriahkan acara.

Dengan hadirnya tabligh, masyarakat menjadi lebih semangat dalam mengumandangkan shalawat dan zikir bersama kepada nabi.

Jika Anda memiliki anggota kelompok hadroh, Anda bisa membeli perlengkapan hadroh Anda hanya di arrahmanrebana jual hadroh Palembang Sumatera Selatan. Selain di palembang, arrahmanrebana juga hadir di Jual Hadroh Jambi dan Jual Hadroh Pekanbaru Riau. Yuk, lengkapi alat hadroh Anda hanya di jual hadroh Palembang Sumatera Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?