Jual Hadroh Padang Sumatera Barat 0852-3836-4221

Jual Hadroh Padang Sumatera Barat

Kehadiran Islam di Padang Sumatera Barat turut mempengaruhi pendidikan Islam di kota ini. Sejarah pendidikan Islam di Minangkabau dimulai pada abad ke-17 setelah kembalinya Syekh Burhanuddin dari Aceh untuk belajar.

Ia kemudian mendirikan pusat pendidikan bernama Surau. Surau adalah basis pendidikan Islam pertama di Minangkabau. Surau telah menghasilkan banyak ulama di Indonesia.

Sistem pendidikan Islam di Minangkabau menjadi terkenal di berbagai negara termasuk Malaysia, Singapura, dan bahkan Timur Tengah.

Banyak ulama Islam yang kemudian mengajar di surau Minangkabau, sebut saja Syekh Ismail al-Minangkabawi, Syekh Thaher Jalaluddin, Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi, Syekh Janan Thaib Bukittinggi dan sebagainya.

Pendidikan Islam di Padang Sumatera Barat

Di Minangkabau, pendidikan Islam di Surau dianggap menjadi hal yang masih tradisional. Pendidikan Islam di Surau belum mengalami modernisasi, seperti madrasah di Minangkabau dan pesantren di Jawa.

Sistem pendidikan surau ini tetap mengajarkan Islam tanpa pengetahuan umum seperti di sekolah dan madrasah serta pesantren saat ini. Orisinalitas pendidikan Islam di Minangkabau mulai berubah dari awal abad ke-20, yang dianggap sebagai pembaruan dan pencerahan yang disebut renaisans.

Proses perubahan menuju modernisasi adalah pembaharuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern di barat dunia, yang memasuki dunia Islam pada abad ke-19. Dalam sejarah Islam, renaisans dianggap sebagai awal modernisasi.

Pendidikan Islam, yang yang awalnya tradisional, mulai dirusak dan dibawa ke pendidikan modern sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Ide lama yang dianggap tidak rasional, adat istiadat, kelembagaan, dan lain sebagainya mulai disesuaikan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Perkembangan dan modernitas itu telah terwujud dengan munculnya lembaga pendidikan seperti madrasah dan sekolah di Minangkabau, termasuk institusi Pendidikan Sumatra Thawalib di Padang Sekolah Panjang dan Adabiah di Padang.

Kemudian, pada tahun 1909 M Abdullah Ahmad mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang dibentuk madrasah dengan nama Adabiah yang dijadikan ilmu agama pendidikan materi pelajaran.

Sistem pendidikan pada HIS tidak jauh berbeda dengan sekolah yang didirikan oleh Belanda, yang mengutamakan materi umum dan tidak mengajarkan oendidikan agama.

Namun, sekolah Adabiah berusaha mempertahankan poin-poin utama agama Islam dan nilai-nilai ajaran Islam seperti Alquran dan Hadis meskipun materi umum tetaplah mendominasi.

Kehadiran Islam di Padang Sumatera Barat

testimoni Jual Hadroh Padang Sumatera Barat

Surau adalah tempat ibadah dan institusi pendidikan Islam pertama di Minangkabau dibuat oleh Burhanuddin. Dari Surau itu semua aspek oendidikan Islam dilakukan mulai dari pembelajaran agama hingga buku agama untuk praktek pembelajaran. Proses Islami

Pendidikan yang dilakukan Syekh Burhanuddin tidak begitu ekstrim, tetapi apa yang diajarikan tetap disesuaikan dengan tingkah laku dan adat istiadat masyarakat Minangkabau.

Jadi, surau tidak hanya semata-mata mengajarkan pendidikan Islam, tetapi juga mengajarkan tentang ] adat istiadat yang secara bertahap akan disesuaikan dengan hukum Islam.

Pendidikan Islam yang dihadirkan oleh Syekh Burhanuddin ini bisa dilihat di beberapa filosofi Minang di Sumatera Barat seperti; adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah (adat istiadat berdasarkan tradisi hukum Islam (syarak).

Selain itu, apa pun yang dianggap masuk sesuai dengan syarak (syari’at Islam) maka itulah yang akan digunakan oleh adat.

Inilah makna dari filosofi syarak mangato adat mamakai. Buku-buku yang digunakan di surau pada awalnya adalah buku-buku yang lazim digunakan di madrasah dan pesantren Islam tradisional di Minangkabau.

Misalnya dalam pelajaran Fiqih, kitab-kitab yang biasa digunakan oleh para ulama Syafi’i, seperti fathul qarib dan Minhâj al-Thalibîn, Umm al-Barahain dalam Islam teologi (ushul al-din); Jalalain dalam tafsir Al-Qur’an (Tafsir); dan Matan al-Ajurumiyah dan Matan Minâ ‘dalam Tata Bahasa Arab (Nahw).

Sistem yang digunakan dalam pendidikan surau di Minangkabau tidak jauh berbeda dari sistem yang digunakan di pesantren Islam tradisional, seperti:

1. Wetonan

Kiyai atau guru membaca kitab di depan siswa yang juga memegang dan memperhatikan buku yang sama. Para santri hanya mendengarkan bacaan dari buku yang dibaca oleh kiyai atau guru

2. Sorogan

Sorogan merupakan sistem privat dimana siswa datang ke guru dan membaca buku di depan guru. Sorogan juga bisa disebut juga review.

Fungsi Hadroh di Padang

Anda yang memang tertarik dengan Islam termasuk keseniannya pula, Anda bisa belajar seni musik Islam, cobalah untuk mempelajari hadroh. Banyak sekali pertunjukan seni hadroh di surau Padang yang bisa disaksikan. Beberapa pertunjukan di Padang yang menggunakan kesenian hadroh di antaranya adalah :

  1. Festival Tabuik

Tabuik adalah sebuah festival untuk merayakan hari Asyura, acara ini dilakukan untuk menghormati cucu Nabi Muhammad yang bernama Imam Husain. Festival ini menggunakan hadroh untuk merayakan wafatnya cucu nabi tersebut. Acara ini sering dilakukan di Pariaman.

  1. Festival Ritual Nagari

Ritual Nagari merupakan festival yang menampilkan beragam adat dan kebudayaan masyarakat Padang, Sumatera Barat. Sebelum memula festival Ritual Nagari ini, masyarakat Padang memainkan hadroh untuk pembacaan barzanji.

  1. Pengajian

Hadroh di Padang juga sering dimainkan ketika ada acara-acara pengajian besar di Padang. Dikarenakan masyarakat Sumatera Barat sendiri mayoritas adalah Islam, maka tidak jarang pengajian sering sekali diselenggarakan di provinsi ini. Hadroh menjadi pelengkap acara pengajian.

Jika ingin belajar mengenai seni hadroh, Anda bisa membeli perlengkapan hadroh di toko kami arrahmanrebana.com. Kami adalah toko yang jual hadroh Padang Sumatera Barat, Jual Hadroh Medan Sumatera Utara dan Jual Hadroh Banda Aceh dengan harga yang terjangkau. Yuk, beli perlengkapan hadroh Anda di toko jual hadroh Padang Sumatera Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?