Jual Hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat 0852-3836-4221

Jual Hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat 0852-3836-4221

Jual Hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat

Mataram Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu daerah di Nusantara yang memiliki keindahan alam. Daerah ini memiliki jumlah umat muslim yang banyak, sehingga tidak sedikit juga masyarakatnya yang menjadi pengrajin sekaligus jual hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat.

Keindahan alam Nusa Tenggara Barat atau NTB ini tidak kalah dari daerah lainnya, bahkan tidak sedikit para turis manca negara yang datang berlibur. Ada banyak sekali tempat yang bisa Anda kunjungi di NTB. Para turis muslim juga bisa melihat sejarah peninggalan maupun berziarah ke makam tokoh para penyebar agama Islam di daerah tersebut.

Masuk dan Berkembangnya Islam di Provinsi NTB

Seperti wilayah Indonesia lainnya perdagangan merupakan salah satu cara Islam masuk dan berkembang, begitu pula di Provinsi NTB khususnya darah Mataram. Perdagangan sendiri memang salah satu untuk menyebarkan Islam keseluruh penjuru Indonesia. Banyak kota perdagangan maupun pelayaran di sepanjang tepian pantai kepulauan Nusantara.

Banyak kota perdagangan maupun pelayaran yang bermunculan  era abad 13 dibawah aturan serta pengawasan Samudera Pasai. Barulah  abad ke 15 Kerajaan Malaka mulai mendirikan berbagai kota dagang dari mulai Pulau Jawa Hingga ke wilayah Nusa Tenggara. Dengan berdirinya berbagai kota perdagangan ini, para pedagang muslim juga ikut ambil bagian, sembari menyebarkan Islam.

Banyak pedagang muslim yang mulai menetap di Lombok setidaknya sekitaran abad ke 15. Awal datangnya para pedagang muslim ini juga merupakan awal dari ajaran Islam masuk Nusa Tenggara khususnya bagian Barat. Sejarah Islam Lombok merupakan sebuah buku yang berisikan tentang berkembang dan masuknya ajaran Islam. Melalui beberapa sumber lokal, salah satunya yakni tertulis pada Naskah Babad Lombok.

Beberapa tokoh maupun ulama berperan dalam penyebaran Islam di Nusa Tenggara Barat . Sunan Prapen atas perintah dari Sunan Giri merupakan salah satu tokoh yang memiliki peranan cukup penting. Beliau tiba pertama kali di Saluut, daerah ini merupakan salah satu daerah pemukiman yang cukup tua dan masih berada di sekitar wilayah pesisir sebelah timur pulau Lombok.

Dakwah Sunan Prapen

Mengislamkan Lombok merupakan tugas dari Sunan Prapen, mulai dari masyarakatnya dan kemudian berlanjut ke Kerajaan Lombok. Salah satu peninggalan Islam di daerah ini yakni adanya masjid tertua di Desa Saluut yang masih bisa Anda kunjungi saat ini juga.

Raja Lombok pada saat itu menerima masuknya ajaran agama Islam dari tanah Jawa, sebelumnya telah dilakukan beberapa upaya untuk mencapai kesepakatan. Beberapa permasalahan muncul dan akhirnya kesepakatan itupun diingkari oleh sang Raja. Banyak yang percaya Raja akhirnya mengingkari perjanjian tersebut karena hasutan dari beberapa tokoh di lingkungan kerajaan.

Dalam perjalanannya saat berdakwah, Sunan Prapen tidaklah sendirian. Selain membawa para prajurit, Sunan Prapen juga bersama beberapa orang patih. Patih Mataram yakni Arya Kertasura merupakan salah satu dari beberapa orang yang mengikuti Sunan Prapen.

Tentunya pada saat proses pengislaman kedatuan di bawah Kerajaan Lombok juga tidak berjalan mulus. Meski kerajaan Lombok telah berhasil menjadi kerajaan Islam, namun kadatuan punya otonomi untuk daerahnya sendiri terkait persoalan keyakinan yang mereka percayai. Meskipun para ulama sudah berung kali berdakwah, namun masih saja terdapat beberapa orang yang menolak untuk masuk Islam.

Islam dan Masyarakat NTB

Apabila Nusa Tenggara bagian Timur umat muslim menjadi minoritas, berbeda dengan tetangganya. Di Provinsi Nusa Tenggara Barat jumlah pemeluk Islam mencapai 96.78% dari total keseluruhan penduduk. Jumlah ini tentunya sangat berbanding terbalik dengan Provinsi tetangganya yang berada disebelah Timur.

Tercatat di daerah Pulau Lombok Barat 94.33%, Timur 99.92% dan juga Lombok Tengah 99.65% itupun hanya di Pulau Lombok saja. Di Lombok sendiri ada kebudayaan unik masyarakat suku Sasak dalam menjalankan agama Islam. Mereka memiliki kebudayaan yang bernama Wetu Telu atau dalam bahasa Indonesianya Waktu Tiga.

Berdasarkan Wetu Telu itu, mereka hanya menjalankan tiga rukun Islam yakni membaca dua kalimat Syahadat, menjalankan Sholat dan juga berpuasa. Hanya pemimpinnya saja yang perlu melaksanakan kebudayaan ini. Kebudayaan tersebut mampu mendekatkan dan juga menghubungkan para pemimpin tersebut dengan yang penciptanya, yakni Allah SWT.

Kebudayaan Wetu Telu suku Sasak ini tetap dijaga dan dipertahankan, karena meskipun berbeda kepercayaan ini juga merupakan sebuah warisan turun temurun dari leluhur. Dengan adanya perbedaan inilah terkadang yang membuat kita menjadi lebih kuat karena mau menghargai perbedaan yang ada. Bukannya malah mencari perbedaan agar dapat saling bermusuhan.

Tempat Jual Hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat

testimoni Jual Hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat

Berkat perjuangan para tokoh pada masa lampau, akhirnya masyarakat Lombok saat ini mayoritas memeluk Agama Islam. Kesenian hadroh ataupun juga alat musik rebana tentunya sangat erat kaitannya. Para pemuka agama dahulu kala menggunakan kesenian hadroh pada saat berdakwah.

Saat ini banyak tempat jual hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat yang bisa Anda kunjungi apabila hendak membelinya. Anda yang berlokasi cukup jauh juga bisa mencoba membelinya dengan cara online, yakni ketikan saja jual hadroh di Mataram, Harga hadroh Mataram maupun jual hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat, maka akan muncul banyak sekali toko online.

Demikian pembahasan kali ini mengenai sejarah Islam maupun tempat jual hadroh Mataram Nusa Tenggara Barat, semoga dengan adanya tulisan ini Anda semakin terbuka wawasannya akan perjuangan para tokoh pada masa lalu. Anda dapat menemukan Jual Hadroh Kupang Nusa Tenggara Timur dan Jual Hadroh Jogja D.I.Yogyakarta hanya di website https://www.arrahmanrebana.com/.

Jangan lupa senantiasa menjaga adat maupun kebudayaan, agar tidak punah tergerus dengan adanya perkembangan zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?