Jual Hadroh Manokwari Papua Barat 0852-3836-4221

Jual Hadroh Manokwari Papua

Beberapa tempat jual hadroh Manokwari Papua Barat akan menyediakan berbagai alat musik dengan bahan pembuat yang berbeda. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat keawetan nantinya. Anda bisa memilihnya berdasarkan masing-masing kebutuhan kedepannya.

Awal Mula Perkembangan Islam di Papua Barat

Adanya kesenian hadroh yang berkembang di Papua Barat tentunya memiliki pengaruh besar dari perkembangan Islam sebelumnya. Hal ini memang menjadi hal wajar karena bisa Anda jumpai tidak hanya di Papua Barat saja. Berikut beberapa versi mengenai awal masuknya Islam di Manokwari:

  1. Versi Aceh

Pendapat dari Aceh menyebut bahwa Islam baru masuk di kawasan Papua lewat adanya mubaligh bernama Abdul Ghafar. Ia bersama teman-temannya sempat mendarat di Fatagar setelah membeli rempah-rempah dari Maluku. Hal ini menunjukkan jika perdagangan memegang peran cukup penting.

Banyak ahli memang menyampaikan bahwa perdagangan memiliki peran yang cukup besar dalam perkembangan Islam di tanah air. Kawasan sumber rempah-rempah juga mendukung pernyataan ini. Pasalnya komoditas ini memang menjadi buruan utama oleh banyak pedagang pada masa itu.

  1. Versi Arab

Sementara dari versi Ara menyampaikan bahwa awal masuknya Islam berlangsung karena pengaruh dari Syarif Muaz Al Qathan. Ia mulai melakukan dakwah tepatnya di kawasan Patimunin Fakfak sehingga warga akan ikut serta memeluk agama ini. Syarif Muaz semakin populer dari masa ke masa.

Tidak hanya populer, kepercayaan para warga juga semakin kuat lantaran gelar tinggi dari Syarif Muaz. Ia memiliki sebutan dengan Syekh Jubah Biru. Penyebaran Islam ini berlangsung semenjak di pertengahan di abad 16 Masehi.

  1. Versi Banda

Sementara pendapat dari Banda menyampaikan jika Islam ada karena pengaruh pedagang Bugis. Perdagangan dalam tanah air yang mempertemukan banyak orang dari berbagai daerah menjadi salah satu cara menyebarkan agama ini.

Proses Islamisasi yang ada mendapat pengaruh besar dari dua pedagang besar sekaligus seorang mubaligh. Keduanya bernama Salahudin dan Jamun dengan asal Banda. Penyebaran Islam berlangsung semenjak abad 16 Masehi.

  1. Versi Banda

Versi Banda lainnya menyampaikan bahwa proses penyebaran Islam banyak mendapat pengaruh dari Kesultanan Bacan. Islamisasi ini khususnya mulai ada di masa pemerintahan raja Sultan Muhammad al Baqir.

Buku berjudul Peranan Ternate dan Tidore dalam Pembebasan Irian Barat, menyebut bahwa raja ini menjadi kunci utama bersatunya empat kerajaan. Ternate Tidore, Maluku dan Bacan berhasil bersatu lantaran peran dari Sultan Muhammad Al Baqir.

  1. Versi Ternate dan Tidore

Pendapat terakhir menyebut bahwa Islamisasi yang ada di Papua ini mendapat pengaruh besar dari Tidore dan Ternate. Catatan sejarah menyatakan jika Sultan Ibnu Mansur telah melakukan ekspedisi penaklukan.

Sultan Ibnu Mansur bersama Sangaji Patani berhasil melakukan dakwah dengan cara syiar agama di Papua. Proses penyebaran Islam ini berlangsung semenjak tahun 1443. Kedua kerajaan ini memang saling bersaing namun tidak membuat mereka memiliki keyakinan yang berbeda.

Bahan-bahan Pembuat Alat Musik Hadroh di Manokwari Papua Barat

testimoni jual hadroh manokwari Papua

Alat musik hadroh ini memang sangat cocok untuk mengiringi irama khas padang pasir. Suaranya memang sangat ritmis dan mendayu sehingga banyak berfungsi sebagai pengatur ritme. Beberapa acara juga akan memainkan lagu Melayu karena memiliki nada serupa. Berikut bahan pembuatnya:

  1. Kayu

Kayu menjadi material utama untuk membuat rebana. Bahan ini akan menyusun keseluruhan dari kerangka. Sayangnya tidak semuanya bisa  Anda gunakan dalam pembuatan alat hadroh ini karena memiliki kriteria sendiri. Umumnya menggunakan kayu karet, mangga dan asem.

Ketiga jenis kayu ini memiliki ciri khas yang cocok untuk Kami jadikan sebagai alat musik hadroh. Pasalnya komponennya tidak mudah berjamur dan robek selama penggunaan. Pemilihan ini pun juga harus memastikan kualitasnya demi menghasilkan suara merdu dan tentunya tahan lama.

  1. Kulit

Pembuatan rebana juga akan menggunakan bahan dasar berupa kulit. Umumnya mengambil dari hewan kambing. Tahap yang paling penting adalah pembersihan bahkan dapat berlangsung berkali-kali. Proses ini memiliki fungsi untuk memastikan agar tidak ada sisa bulu sama sekali.

Pembersihan kulit kambing biasanya bisa berlangsung selama beberapa jam untuk kemudian masuk ke tahap perendaman. Tahap ini akan menggunakan air kapur yang berfungsi menghilangkan sisa kotoran. Selanjutnya Kami melakukan penjemuran demi memastikan tidak adanya jamur.

  1. Bahan Tambahan

Sementara bahan tambahan yang sering Kami gunakan untuk membuatnya pun beragam. Salah satunya yaitu cat dengan fungsi membuat tampilannya semakin menarik. Pengecatan ini umumnya akan menggunakan dempul guna memperhalus permukaan kayu dari setiap alat musik hadroh.

Pengecatan pada bagian dalam alat musik hadroh, akan menggunakan sangwit yang sudah bercampur dengan minyak cat. Sementara untuk mengkilapkan permukaan memerlukan politur, serlak dan juga spirtus. Satu bahan tambahan lagi yaitu lilin malam dengan tujuan melicinkan kluwung dan kulit.

  1. Bahan Finishing

Ada beberapa bahan yang umum Kami gunakan dalam tahap finishing. Pertama yakni sugu dengan fungsi untuk memperhalus bentuk kerangkanya. Selanjutnya ada alat bernama pancir dan wingkisan sebagai pengencang kulit. Sebelumnya, kluwung harus mengalami proses pemanasan dahulu.

Kertas amplas akan berfungsi untuk menghilangkan kayu sisa dempulan atau debu yang masih ada. Sementara batu apung dan air berfungsi menghilangkan lemak pada kulit. Tahapan paling penting dalam pembuatannya yakni proses penjemuran guna memastikan tidak lembab dan tanpa jamur.

Demikian ulasan mengenai bahan-bahan yang sering ada selama pembuatan alat musik ini. Tempat jual hadroh  Manokwari Papua tentu semakin berkembang dengan banyaknya kebudayaan Islam di kawasan ini. Pada situs https://www.arrahmanrebana.com/ Anda dapat menemukan jual hadroh jayapura papua dan jual hadroh ternate maluku utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?