Jual Hadroh Jogja D.I.Yogyakarta 0852-3836-4221

Jual Hadroh Jogja D I Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang masih menjunjung tinggi kebudayaan para leluhur. Salah satu kebudayaan yang masih ada yakni hadroh, bahkan masih banyak para pengrajin yang jual hadroh Jogja D.I.Yogyakarta dengan kualitas baik.

Hadroh merupakan salah satu kesenian umat Islam, biasanya perlombaan maupun pagelaran hadroh ada ketika hendak menyambut acara maupun hari raya umat Islam. Dari mulai maulid Nabi hingga hari raya Islam pagelaran kesenian hadroh tidak pernah terlewatkan.

Kebudayaan di Yogyakarta sendiri sangat dipegang teguh dan dilestarikan hingga saat ini, para generasi muda secara rutin dilatih guna tetep menjaga kebudayaan yang ada. Pagelaran kesenian tidak pernah terlewatkan, hampir setiap sudut Jogja ada. Inilah juga yang menjadikan kota Yogyakarta merupakan salah satu destinasi para turis, baik lokal maupun manca negara.

Bangunan – bangunan dengan sejarah panjang juga berdiri masih sangat kokoh hingga saat ini. Kraton kesultanan, benteng vredeburg, dan masih banyak lagi tempat bersejarah yang ada di kota pelajar ini.  Bahkan masih sangat terawat dan juga merupakan sebagai destinasi para wisatawan.

Sesuai dengan namanya yakni Daerah Istimewa Yogyakarta. Hingga saat ini pusat pemerintahannya masihlah oleh seorang Sultan yang bertempat tinggal di Kraton Kasultanan Ngayogyakarto Hadiningrat. Pada saat ini Yogyakarta pemimpinnya yakni bapak Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Selain menjabat sebagai Sultan, beliau juga menjabat sebagai Gubernur DIY. Tentunya sejarah panjang Kesultanan Jogja juga sangat menarik untuk kita bahas. Sejarah panjang dari mulai kerajaan hindu budha hingga mulai masuknya Islam ke kota Jogja.Hal itulah yang sangat mempengaruhinya dari segi kebudayaan dan juga gaya bangunannya.

Sejarah Masuknya Islam Ke Tanah Jogja

Islam masuk dan berkembang di Yogyakarta pada sekitar akhir abad ke 16, berawal dengan berdirinya Kesultanan Mataram Islam yang berasal dari Demak. Mulai dari daerah Pajang hingga menyebar ke daerah Kota Gede, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kekuasaan Mataram Islam sendiri meliputi hampir seluruh pulau Jawa Tengah dan Timur, hingga akhirnya merambah ke Yogyakarta. Pada saat pemerintahan Kolonial Belanda masih menduduki Indonesia, sekitar tahun 1755 terbentuklah perjanjian guna memecah Kesultanan menjadi dua yakni Yogyakarta dan juga Surakarta.

Pada era kemerdekaan sendiri Kesultanan Yogyakarta menjadi daerah khusus, dan Surakarta masuk kedalam Provinsi Jawa Tengah atau juga terkenal dengan nama Kota Solo. Tentunya dengan berdirinya Mataram Islam juga sangat mempengaruhi kepercayaan penduduk sekitar.

Dari yang awalnya menganut Hindu dan juga kepercayaan lokal, masyarakat mulai belajar dan juga masuk Islam. Kesultanan Mataram Islam sendiri merupakan sarana untuk menyebarkan Agama Islam dan juga sarana untuk pembelajaran.

Pendirian Tempat Pembelajaran Islam

testimoni Jual Hadroh Jogja D I Yogyakarta

Dari mulai era Kolonial Belanda para ulama sudah merintis pendirian tempat guna menyebarkan dan juga memberikan pendidikan Agama Islam. Dr. Satiman Wirjosandjojo memberikan gagasan akan apa pentingnya sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam guna mengangkat harga dan martaman kaum muslim.

Sebelum kemerdekaan atau pada tanggal 8 Juli 1945 Sekolah Tinggi Islam atau STI berdiri di Jakarta dengan tokohnya Prof. Abdul Kahar Muzakkir. Pada masa revolusi STI mengikuti pemerintahan Indonesia yang berpindah ke Yogyakarta, dan akhirnya pada tanggal 10 April 1946 STI berdiri.

UII atau Universitas Islam Indonesia berdiri berdasarkan sidang panitia perbaikan STI pada November 1947. Kesepakatan yang dihasilkan yakni UII memiliki empat fakultas pada awalnya yakni, fakultas Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan tentunya juga fakultas Agama. Sekitaran pada tahun 1951 PTI yang berlokasi di Surakarta atau solo bergabung dengan UII yang berlokasi di Yogyakarta.

Setelah adanya revolusi Indonesia, Universitas Gajah Mada berdiri sebagai penghargaan kepada kaum nasionalis yang ikut berjuang untuk kemerdekaan. Terlepas dari apa itu Agama, suku maupun ras. Sedangkan untuk kaum Muslim didirikan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri atau PTAIN yang diresmikan pada 26 September 1951.

Tentunya pembangunan kedua perguruan tinggi ini sebagai penghargaan kepada setiap masyarakat yang ikut ambil bagian pada masa penjajahan. Sekitar tahun 1960 pemerintah mengeluarkan peraturan tentang pembentukan Istitus Agama Islam Negeri atau IAIN Al-Jami’ah Al-Islamiyah Al-Hukumiyah yang berlokasi di Yogyakarta, serta diresmikan pada 24 Agustus 1960.

Institut Agama Islam Negeri yang pertama ini berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Namun saat ini berubah nama menjadi UIN atau Universitas Islam Negeri. UIN ataupun IAIN sendiri saat ini ada banyak di berbagai daerah Indonesia. Namun tetap berpusat di Yogyakarta yang diberi nama IAIN atau UIN Sunan Kalijaga.

Pengrajin dan Tempat Jual Hadroh Jogja D.I.Yogyakarta

Di Provinsi yang satu ini jumlah pengrajin kesenian sangat mudah dan banyak, bahkan tidak sedikit juga yang membuat ataupun jual hadroh Jogja D.I.Yogyakata. Dengan sejarah Islam yang panjang tentunya kesenian hadroh juga sangat melekat pada masyarakatnya. Selain di Jogja Arrahmanrebana juga hadir pada Jual Hadroh Jakarta DKI Jakarta dan Jual Hadroh Denpasar Bali.

Harga hadroh Jogja sendiri sangatlah bervariatif, tergantung dari bahan dan juga pasti kualitas yang ada. Tempat jual hadroh Jogja D.I.Yogyakarta cukup banyak dan tersebar di seluruh daerah. Kesenian yang erat hubungannya dengan Agama Islam ini kerap kali ada, guna menyambut hari besar umat Islam. selain itu tentunya juga untuk melestarikan kebudayaan yang ada.

Kata kunci jual hadroh Jogja D.I.Yogyakarta tentunya bisa Anda coba ketika hendak mencari seperangkat atau satu set alat musik rebana di Jogja. Ketika kata kunci tersebut Anda gunakan, pastinya akan muncul banyak sekali situs maupun tempat yang jual hadroh di Jogja, dari yang memiliki kualitas terbaik hingga yang memiliki harga bersahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?