Jual Hadroh Jepara 0852-3836-4221

Jual Hadroh Jepara

Tidak ada salahnya apabila Anda mengetahui bagaimana cara pembuatan alat musik ini. Beberapa tempat jual hadroh Jepara bisa menjadi pilihan untuk mengikuti proses pembuatannya secara langsung. Tahapan ini dapat Kami mulai dari persiapan bahan sampai tahap pemasangan kericik.

Beberapa Masjid Terkenal di Jepara

Banyaknya penyelenggaraan permainan musik hadroh menjadi satu tanda bahwa Jepara juga memiliki dominan masyarakat Islam. Tidak hanya itu saja, Islamisasi juga tampak dari banyaknya masjid yang ada. Anda pun bisa mengunjunginya baik untuk beribadah ataupun hanya berkunjung.

  1. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan ini berlokasi di Desa Mantingan, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Anda bisa mengunjunginya dengan jarak 5 kilometer dari arah selatan pusat kota. Bangunannya memang tampak masih kuno karena berdiri semenjak Kesultanan Demak dengan beberapa area sendiri-sendiri.

Keberadaan Masjid Mantingan ini menjadi bangunan paling tua nomor kedua setelah Masjid Agung Demak. Pembangunannya baru selesai pada tahun 1481 Saka atau Masehi 1559. Satu hal menarik di gaya arsitekturnya yakni gabungan tiga budaya sekaligus mulai dari Jawa, Tiongkok dan juga Hindu.

  1. Masjid Agung Jepara

Masjid ini bisa Anda kunjungi tepatnya di Jalan Kartini Nomor 1 Kauman Kec.Jepara. Banyak orang mengunjunginya sekaligus untuk berwisata dan beristirahat sejenak. Pembangunan berlangsung pada masa pemerintahan Pangeran Arya Jepara tepatnya ketika pusat kerajaan berpindah ke Jepara.

Semasa berdirinya, Masjid Agung Jepara ini mengalami tiga kali renovasi. Ketiganya sama-sama memiliki tujuan untuk menyesuaikan dengan jumlah pengunjung dan jamaah setiap tahunnya. Awalnya menggunakan gaya arsitektur Tiongkok dan seiring berjalannya waktu berubah hanya dua susun.

  1. Masjid Raya Sultan Riau

Menariknya Masjid Raya Sultan Riau ini tampak mencolok di sekitar area rumah warga. Pasalnya bangunannya memang dominan berwarna kuning sehingga sangat mencolok. Salah satu ikonnya yakni adanya mimbar kayu jati yang berasal dari Jepara asli.

Masjid Raya Sultan Riau ini juga menjadi masjid dengan kubah pertama yang ada di Nusantara. Tidak hanya itu saja, bangunan ini memiliki setidaknya empat buah menara berwarna hijau setinggi sekitar 19 meter. Pembangunan berlangsung pada masa Yang Dipertuan Muda VII Raja Abdurrahman.

  1. Wisata Religi Pangeran Syarif

Syekh Syarif sendiri adalah seorang sayyid atau orang yang masih mempunyai garis keturunan dari Nabi Muhammad. Tidak hanya berdakwah, beliau juga ikut memperjuangkan wilayah tanah Jawa semasa penjajahan.

Lokasi pemakaman Syekh Syarif akhirnya banyak menarik perhatian pengunjung. Tidak hanya beliau saja, ada juga makam Mbah Ujung Para yang menjadi sesepuh pantai Utara. Kabarnya semasa hidupnya sering menolong rakyat di Jepara.

  1. Wisata Religi Syekh Abu Bakar

Wisata religi ini tampak menarik karena selain Anda datang untuk berziarah namun juga sekaligus berkunjung ke pantai. Tentu keduanya dapat pengunjung lakukan demi mengenal agama Islam khususnya di tanah Jawa.

Habib Abu Bakar merupakan seorang waliyullah dengan lokasi makam di Pulau Panjang. Daerah ini memang menjadi kawasan cukup kecil karena berada di sebelah barat dari Pantai Kartini. Anda bisa berkunjung kesini tepatnya di Kelurahan Ujung Batu.

Persiapan Bahan-bahan Hadroh

testimoni jual hadroh jepara

Tentu Anda mengira jika alat musik hadroh tampak sederhana. Pada jual hadroh jepara nyatanya hal ini tidak serupa seperti komposisi bahannya. Ada banyak sekali persiapan materialnya mulai dari paling kecil hingga besar. Salah satu menjadi komponen utamanya adalah kayu baik berupa kayu hujan atau kayu mangga.

Selanjutnya ada beberapa bahan tambahan yang memiliki fungsi masing-masing. Pertama, karet berfungsi sebagai campuran air pada saat perendaman kulit. Kedua tepung oker untuk memberikan warna pada alat musik hadroh. Ketiga ya kan dempul guna meratakan permukaan.

Berikutnya ada singwit yang memiliki dua fungsi sekaligus yaitu mengecat bagian dalam dan memutihkan permukaan kulit. Sementara cat masa berguna untuk mengencerkan bahan lainnya atau biasa Kami gunakan sebagai hiasan. Selanjutnya belanga hitam guna memberikan warna hitam.

Persiapan Peralatan Hadroh

Peralatan yang paling penting harus ada yaitu palu kecil. Alat ini memiliki beberapa fungsi yaitu merekatkan kulit dan timbal pada alat musik hadroh selama pembuatan. Berikutnya ada paku payung untuk menghias bagian pinggiran kayu. Selanjutya kericik sebagai penghias untuk menambah bunyi.

Alat berikutnya yaitu ada kertas amplas untuk mengamplas kayu dempulan atau sisa bulu yang masih ada. Pembuat hadroh juga memerlukan kompor kecil guna menguatkan kluwung dengan membakarnya dahulu. Adanya batu apung pun akan menghilangkan sisa lemak pada kulit.

Berikutnya alat yang tidak boleh lupa adalah pancir atau wingkisan. Peralatan ini berfungsi untuk meletakkan dan menguatkan kulit dalam kluwung. Selanjutnya peralatan paling utama yaitu mesin bubut karena berguna pada tahap pembuatan kerangkanya.

Proses Pembuatan Hadroh

Proses pembuatan alat hadroh ini bisa Kami mulai dengan memotong kayu memakai mesin bubut. Tujuannya agar berubah menjadi kluwung dan mengindahkan bentuknya. Selanjutnya penjemuran selama beberapa hari hingga kering. Proses ini bertujuan agar pengamplasan bisa secara maksimal.

Kami bisa menguliti kluwung untuk kemudian mewangkis dengan menggunakan wingkisan. Pengolesan lilin malam bertujuan agar penarikan kulit menjadi lebih mudah. Rebana kembali masuk ke dalam tahap penjemuran sehingga menghasilkan kering yang sempurna.

Selanjutnya Kami akan mendempul dan mengamplas bagian hadroh. Pelapisan sengwit bersamaan dengan bahan pengencer akan menghasilkan warna yang berbeda. Proses pengkilapan menggunakan politur untuk kemudian kembali masuk ke tahap penjemuran agar benar-benar kering.

Beberapa tempat penyedia jual hadroh Jepara memang bisa Anda jumpai dengan mudah. Mengingat juga bahwa kota ini memiliki banyak pengrajin berbahan dasar kayu. Banyaknya pengaruh kebudayaan Islam nyatanya memiliki dampak cukup besar bagi perkembangan kebudayaan di daerah ini. Selain di jepara Arrahmanrebana.com juga ada di Papua seperti jual hadroh manukwari papua dan jual hadroh jayapura papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?