Jual Hadroh Jakarta DKI Jakarta 0852-3836-4221

Jual Hadroh Jakarta DKI Jakarta

Hadroh merupakan sebuah kesenian tradisional yang hingga saat ini masih sangat terjaga kelestariannya. Banyak tempat maupun pengrajin yang jual hadroh Jakarta DKI Jakarta. Berikut ini kami akan membahas sejarah maupun tempat yang menjual alat musik tradisional tersebut.

Hadroh atau hadroh betawi sendiri merupakan sebuah tradisi lisan masyarakat Jakarta Selatan yang berbekal rebana guna menghibur masyarakat pada saat itu. Irama dari pukulan rebana masyarakat Betawi ini terkenal karena lebih menonjol ketimbang daerah – daerah lainnya.

Alat musik rebana sendiri memang erat kaitannya dengan masyarakat Betawi, terbukti dengan adanya seni tanjidor maupun topeng betawi yang juga menggunakan alat musik tersebut. Biasanya seni tradisional yang satu ini berguna untuk mengiringi acara yang sakral, dan dengan hikmat.

Lagu yang ada banyak menonjolkan keterampilan dalam bermusik dan juga keindahan dalam berolah vokal. Rebana dalam hadroh betawi sendiri terdiri dari tiga instrumen, yakni komando, ganjil atau seling sebagai pengiring dan juga gedug.

Tentunya alat musik yang syarat akan tradisinya ini akan senantiasa dijaga kelestariannya, terbukti hingga saat ini masih banyak tempat jual hadroh Jakarta DKI Jakarta. Selain di wilayah Jakarta Arrahmanrebana.com hadir pada Jual Hadroh Denpasar Bali dan Jual Hadroh Bandung Jawa Barat.

Ciri khas yang ada dan paling menonjol dari tradisi ini ialah adanya adu zikir, yaitu lomba dalam menghafal syair – syair Diwan Hadroh maupun kitab maulid lainnya. Rebana sendiri memang merupakan alat musik tradisional yang kental akan nuansa agama Islam.

Sejarah Perkembangan Islam Jakarta DKI Jakarta

Agama Islam sendiri masuk pertama kalinya ke Jakarta sekitar pada awal abad ke 15 atau 4 abad sebelum kesenian hadroh terkenal di daerah ini. Pada awalnya daerah Jakarta masih dikenal dengan nama Sunda Kelapa dan masih berapa di bawah kekuasaan kerajaan Sunda Kelapa.

Menurut sejarahnya sendiri Islam di Jakarta dibawa dan diperkenalkan oleh Syekh Hasanuddin atau juga dikenal sebagai Syekh Quro yang berasal dari Champa. Beliau menikah dengan penduduk lokal dan mendirikan pondong pesantren Quro pada sekitar tahun 1428 di Tanjungpura, Karawang.

Penyebawan Agama Islam dilanjutkan oleh para menak Pajajaran yang mana telah memeluk Agama Islam. Selain itu ada juga para pedagang muslim yang berasal dari Cina, Gujarat maupun Arab. Menurut sejarawan Adolf Heuken, masjid tertua di Jakarta yang bernama Masjid Al-Anshor ini masih berdiri kokoh di Jalan Pengukiran II, Pekojan, Tambora, Jakarta Barat.

Masid tertua ini sendiri memiliki sejarah panjang penyebaran Islam di Jakarta. Pendirinya merupakan seorang pedagang muslim dari komunitas Khoja sekitar pertengahan abad ke 17. Tentunya masuknya Islam kedaerah ini juga mempengaruhi berbagai bidang. Mulai dari perdagangan, hingga kesenian yang bisa kita nikmati hingga saat ini.

Alat Musik Tradisional yang Syarat Akan Dakwah

testimoni Jual Hadroh Jakarta DKI Jakarta

Hadroh sendiri terkenal karena kaitannya yang sangat erat dengan Agama Islam, setiap kali musik religi Islam berkumandang rebana tidak pernah absen. Alat musik yang berasal dari Timur Tengah ini tentunya punya kisah panjang menemani dakwah Islam. Bahkan daerah – daerah di Indonesia sendiri tidak sedikit yang memiliki kesenian hadroh ini.

Meskipun memiliki sejarah yang cukup panjang di Nusantara, namun tidak ada yang tahu pasti kapan tepatnya kesenian hadroh atau rebana ini masuk. Dalam bahasa jawa sendiri kesenian yang satu ini desebut dengan terbangan. Kesenian yang sangat dekat kaitannya dengan dakwah Islam pada masa para Wali Songo.

Di banyak daerah sendiri kesenian hadroh selalu mengiringi ketika acara – acara besar Agama Islam, seperti maulid nabi hingga acara seperti pernikahan. Tentunya di Jakarta sendiri kesenian serupa juga kerap ada untuk memperingati berbagai acara penting. Bahkan kesenian yang satu ini merupakan tradisi yang tidak boleh terlupakan.

Menurut ulama besar Palembang yakni Al Habib Umar Bin Thoha Bin Shahab, adalah Al Imam Ahmad Al Muhajir. Ketika beliau hijrah ke Yaman bertemu seorang pengikut tariqah sufi yang sedang asyik memainkan rebana. Iringan syair puji – pujian kepada Allah SWT dan juga Rasull-Nya menambah keindahannya.

Beliau kemudian berteman dan kerap mengikuti majelis, dengan iringan musik rebana tentunya dan juga syair indah yang berkumandang. Hadroh atau Hadrah sendiri merupakan kalimat yang berasal dari bahasa Arab yakni Handhoro atau Yuhdhiru atau Hadhron atau Hadhrotan yang bermakna kehadiran.

Meskipun begitu hadroh juga bisa berarti sebagai irama yang muncul dari bunyi tabuhan rebana. Menurut tasawuf sendiri hadroh merupakan suatu metode yang berguna untuk membuka jalan masuk ke hati. Para pemain maupun pendengarnya akan terangkat kesadarannya akan kehadiran Allah SWT dan juga Rasul-Nya.

Jual Hadroh Jakarta DKI Jakarta

Sebagai generasi penerut tentunya anak muda saat ini harus tahu dan mengenal apa itu hadroh dan juga rebana. Banyak sekali pengrajin rebana yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, sehingga ketika Anda hendak membelinya atau bahkan memesannya akan cukup mudah.

Kata kunci jual hadroh Jakarta DKI Jakarta merupakan salah satu yang bisa Anda coba apabila memang lokasi Anda berada dekat. Ketika Anda mengetikannya pada mesin pencarian Google, maka akan muncul banyak sekali situs yang muncul. Dari mulai harga hadroh Jakarta, tempat jual hadroh di Jakarta hingga berbagai situs jual beli lainnya.

Alat musik tradisonal tentunya harus selalu kita jaga kelestariannya agar tidak tergerus dengan budaya – budaya baru yang masuk. Semoga pembahasan kali ini seputar jual hadroh Jakarta DKI Jakarta dapat memberikan informasi yang bisa bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?