Jual hadroh Gorontalo 0852-3836-4221

Jual hadroh Gorontalo

Saat ini perkembangan rebana sudah merambah sampai beberapa daerah, salah satunya Jual hadroh Gorontalo. Tersedia berbagai macam pilihan mulai dari keprak, bas, calti, serta kelengkapan pendukung. Anda dapat mengaksesnya melalui platform resmi baik website maupun media sosial.

Tradisi keislaman Gorontalo

Gorontalo merupakan salah satu daerah yang mendapatkan julukan sebagai Serambi Madinah karena masyarakatnya masih kuat dalam menjalankan syariat agama Islam. Hal tersebut bisa terlihat dari tradisi baik harian maupun yang mengiringi warganya, berikut beberapa ulasannya:

  1. Walima

Walima sendiri adalah tradisi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya. Prosesnya membentuk wadah menyerupai masjid, bahannya berupa bambu atau papan dengan hiasan kerta warna. Hal ini sebagai wujud rasa syukur dan memupuk kedekatan antar sesama.

Wadah yang sudah terbentuk selanjutnya sebagai wadah kue-kue tradisional khas Gorontalo misalnya cucur, nasi kuning, telur rebus dan ayam. Selanjutnya warga akan berebut, mereka percaya bahwa ada keberkahan di dalamnya karena sudah didoakan oleh pemangku agama.

  1. Tumbilotohe

Tumbilotohe memiliki arti pasang lampu, tradisi ini dilakukan pada malam ke 27 pada Bulan Ramadhan sampai hari raya Idul fitri. Masyarakat memiliki keyakinan bahwa kegiatan tersebut dapat menerangkan jalan bagi umat Islam agar bisa dekat dengan Allah SWT.

Malam ganjil tiga hari sebelum Idul Fitri merupakan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan Lailatul qadar yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Jika seseorang bisa menemuinya maka keinginannya mudah tercapai. Tradisi ini bahkan sudah mendapatkan dari dukungan penuh.

  1. Raba-raba Puru

Upacara ini merupakan peringatan tujuh bulanan yang menggunakan adat Gorontalo, awal prosesnya yaitu pembacaan sholawat serta doa yang dipimpin oleh seorang pemuka agama. Selanjutnya suami istri duduk di depan para tamu bersama anak laki-laki dan perempuan.

Anak laki-laki berada pada tempat ibu sedangkan laki-laki dengan calon ayah. Tradisi ini bertujuan agar anak yang ada di dalam kandungan tersebut nantinya mudah dalam menjalankan hidupnya. Selama prosesi pemuka agama akan membacakan Al-Quran berapa surah khusus.

  1. Molonthalo

Acara Molonthalo adalah syukuran dari keluarga pihak suami untuk kehamilan pertama sebagai wujud pernyataan serta sebagai wujud rasa syukur sudah memperoleh anak pertama dari pernikahan yang sah. Ada beberapa persiapan sebelum melangsungkan tradisi tersebut, berikut ulasannya:

  • Molone’o

Prosesi ini bertujuan untuk mengetahui usia kandungan dari sang ibu yang dihitung dari hari terakhir haid (tilayonga). Setelah satu bulan bulango (bidan desa) akan mengurut perut ibunya menggunakan dua jari untuk menentukan berapa usia spesifikasi jabang bayi tersebut di  dalam rahim.

  • Modul Oto

Bulango memeriksa usia bayi dengan mengurutnya menggunakan telapak tangan pada sisi perut. Proses ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang karena memiliki resiko tinggi jika belum berpengalaman. Peristiwa ini tidak memiliki tanda mogadi salawati.

  • Molonthalo

Molonthalo merupakan prosesi adat yang bertujuan untuk mendoakan calon ibu agar meninggalkan sifat buruknya sehingga bisa mendidik anak dengan baik serta menjadi SDM unggul. Pihak yang mengadakan kegiatan ini harus menghadirkan keluarga suami.

  • Syarat Hubungi (bidan)

Menjadi bidan di Gorontalo harus memiliki spesifikasi khusus untuk mendukung keselamatan ibu dan bayi. Persyaratannya yaitu beragama Islam, mengetahui seluk beluk umur kandungan, memahami urutan upacara adat Molonthalo, mengetahui lafal-lafal dalam ritual yang sudah ada turun temurun.

Makna yang Terkandung dalam Upacara Molonthalo

testimoni jual hadroh gorontalo

Setiap kegiatan adat tentu memiliki makna mendalam dan pengharapan termasuk upacara adat kehamilan ini. sebenarnya prosesi tersebut hampir sama dengan yang masyarakat Jawa Lakukan yaitu 3 bulan dan 7 bulan dengan menggunakan beberapa proses. Berikut ulasannya:

  1. Kebersamaan

Kebersamaan dalam prosesi ini memiliki peran penting terlaksananya acara dari awal sampai akhir. Hal ini sebagai wujud persatuan dan kesatuan antara pihak laki-laki dan perempuan. Tradisi keislaman ini memiliki pengharapan besar serta menggunakan tatacara hasil dari akulturasi budaya.

Seorang bidan yang bertugas harus memenuhi persyaratan yang berlaku untuk menunjang keberhasilan dari prosesi awal sampai akhir. Hal ini sebagai pengharapan datangnya kebaikan kepada anak yang akan lahir nantinya. Adat sendiri untuk beberapa wilayah masih dijunjung tinggi.

  1. Gotong Royong

Sifat yang perlu tumbuh adalah gotong royong antar masyarakat hal ini terbukti dari tetangga yang saling bantu membantu seperti memasak dan mempersiapkan segala keperluannya. Tujuannya untuk agar pekerjaan semakin mudah serta lebih cepat selesai.

Kegiatan gotong royong sendiri seiring berjalannya waktu memulai terhapuskan karena adanya teknologi yang memudahkan mulai dari proses pemesanan makanan dan jasa antar. Hal ini membuat hubungan antara masyarakat menjadi sangat renggang.

Layanan Jual hadroh Gorontalo

Gorontalo merupakan salah satu daerah yang masyarakatnya masih menjunjung tinggi adat dan nilai Islami. Hal ini terbukti dengan adanya tradisi mulai dari kirim doa untuk arwah nenek moyang, hari besar Islam dan kehamilan.

Jual hadroh Gorontalo menyediakan berbagai layanan untuk menunjang keberhasilan tradisi tersebut. kualitas menjadi hal utama untuk menjamin kepuasan dari para pelanggan, misalnya jasa antar, layanan 24 jam dan garansi.

Prosesi adat yang ada di  Gorontalo melibatkan peran dari alat hadroh baik aliran habsyi, banjari dan qasidah. Perlengkapan tersebut semua tersedia baik satuan maupun paket. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kualitas terbaik.

Demikian penjelasan terkait dengan Jual hadroh Gorontalo beserta adat keislaman yang saat ini masih mereka lakukan yang memiliki maksud dan tujuan tertentu. Sebelum memilih penyedia tempat jual, maka pastikan sudah terpercaya dan memberi garansi penuh seperti arrahmanrebana.com. Jika berada di sulawesi, Anda dapat menemukan alat hadroh di jual hadroh Kendari Sulawesi Tenggara dan jual hadroh Makassar Sulawesi Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?