Jual Hadroh Denpasar Bali 0852-3836-4221

Jual Hadroh Denpasar Bali

Bali merupakan sebuah daerah yang sangat kental akan kebudayaan Agama Hindu, namun ternyata ada juga sejarah masuknya Islam kedaerah yang satu ini. Pengrajin maupun tempat jual hadroh Denpasar Bali juga rupanya bisa kita temukan, meskipun tidak sebanyak daerah lainya.

Daya tarik utama bali selain keindahan alam tentunya karena kesenian dan juga budaya yang masih sangat dipertahankan hingga saat ini. Berbagai kesenian bercorak Hindu bisa kita jumpai dengan mudah, serta bangunan – bangunan bersejarah yang serupa. Masyarakatnya memang mayoritas beragama Hindu, namun ternyata ada juga sejarah yang mencatat Islam pernah masuk kedaerah tersebut.

Meskipun tidak banyak, pengrajin dan tempat jual hadroh Denpasar Bali juga bisa kita temui yang hidup rukun dengan para pengrajin kesenian lainnya. Tentunya hidup rukun antar agama ini perlu kita jaga agar tidak ada lagi permasalahan yang menggunakan isu SARA di negara Indonesia.

Hadroh atau hadrah sendiri memanglah kesenian yang erat hubungannya dengan Agama Islam, tercatat banyak pendakwah yang menggunakannya sebagai media untuk menyebarkan Islam ke seluruh penjuru Nusantara. Kesenian ini menggunakan alat musik yang bernama rebana yang mana merupakan alat musik tepuk guna mengeluarkan suara yang merdu.

Sejarah Islam di Denpasar Bali

Kota Denpasar sendiri merupakan ibu Kota Bali, atau juga terkenal dengan sebutan Pulau Dewata. Islam sendiri pernah masuk ke Bali sejak zaman kejayaan Majapahit pada sekitar abad ke 8 dan 14. Pada saat yang bersamaan raja Gelgel pertama yakni Dalem Ketut Ngelesir, mengadakan kunjungan ke keraton Majapahit guna bertemu dengan Raja Hayam Wuruk.

Pada saat yang sama Raja Hayam Wuruk ini sedang mengadakan konferensi kerajaan seluruh Nusantara. Acara tersebut merupakan acara tahunan dengan kerajaan bawahan yang berada di berbagai wilayah Nusantara. Dalem Ketut Ngelesir di antar oleh 40 orang dari kerajaan Majapahit guna pulang ke tanah Bali.

Ada dua pengawal yang beragama Islam, yakni Raden Modin dan juga Kiai Abdul Jalil, yang mana merupakan abdi dalam Kerajaan Gelgel. Setelah sampai di Kerajaan Gelgel mereka menempati suatu pemukiman dan akhirnya membangun sebuah Masjid yang dengan nama Masjid Gelgel.

Masjid yang satu ini merupakan tempat beribadat umat Islam yang kini terkenal sebagai Masjid tertua di pulau Bali. Pendirian Masjid ini juga menandakan awal mula masuknya Islam di Bali yang berpusat di Kerajaan Gelgel Bali.

Tokoh Penting Perkembangan Islam

Raden Modin dan juga Kiai Abdul Jalil menetap cukup lama di pusat Kerajaan Gelgel Bali, dan kemudian pergi menuju arat timur guna berdakwah dan berhenti di Desa Banjar Lebah. Di Desa Banjar Lebah ini sendiri Raden Modin lebih memilih untuk menetap ketimbang melanjutkan perjalanannya. Kiai Abdul Jalil sendiri tetap meneruskan perjalanan sampai akhirnya tiba di Desa Saren sampai beliau menutup usia. Beliau meninggalkan tulisan mushaf Al-Quran dan sebuah bedug yang saat ini keadaanya sudah mengalami beberapa kerusakan.

Raden Modin dan Kiai Abdul Jalik merupakan tokoh yang sangat berperan penting akan masuk dan berkembangnya Islam di Pulau Dewata atau Bali. Islam sendiri di Bali merupakan minoritas, akan tetapi semenjak kehadiran kedua tokoh ini Islam mulai lebih dikenal dan ada pengikutnya.

Para peziarah kerap mengunjungi makam Raden Modin maupun Kiai Abdul Jalil, baik lokal maupun dari luar daerah. Para pengunjung ini mendoakan dan juga melihat sisa – sisa perjuangannya dalam berdakwah di daerah yang terkenal akan corak Hindunya. Hingga saat ini sendiri jumlah pemeluk Islam di Bali ada sekitar 13,37% dari total keseluruhan penduduk.

Kesenian Hadroh dan Tempat Jual Hadroh Denpasar Bali

testimoni Jual Hadroh Denpasar Bali

Meskipun masyarakat Islam di Bali minoritas, namun ternyata kesenian hadroh juga ada di daerah tersebut. Hadroh merupakan kesenian yang berisikan lantunan syair berbahasa Arab dengan iringan alat musik rebana. Disetiap pagelarannya kesenian hadroh dibawakan sekitar 6 hingga 10 orang lelaki yang menyanyi sembari memainkan rebana atau jdiur.

Penggunaan rebananya sendiri sama dengan rebana pada kesenian rudat.  Jenis rebana yang memiliki ukuran lebih kecil dan juga tipis ketimbang rebana dalam kesenian burdah. Pada kesenian hadroh sendiri tempo dalam memukul rebana lebih cepat dan juga keras ketimbang pada kesenian burdah.

Kesenian hadroh sendiri cukup baru bagi para pemeluk Islam di Bali, yang mana sekitaran tahun 1980. Pada masa ini para umat muslim dari daerah sekitar atau pulau sekitar membawa kesenian tersebut masuk ke Bali dan diperkenalkan kepada para umat muslim asli Bali. Terkadang di kampung Pegayaman kesenian rudat juga di sebut dengan istilah hadroh, karena memang kedua kesenian ini serupa.

Pengrajin Alat Musik Rebana Bali

Tempat jual hadroh Denpasar Bali atau jual hadroh di Bali memang tidak sebanyak daerah lainnya yang memang masyarakat mayoritas beragama Islam. Akan tetapi karena Bali terkenal akan kesenian dan budayanya ternyata ada juga beberapa pengrajin yang mau membuat rebana.

Harga hadroh Bali tentunya tergantung dari kualitas dan juga bahan yang pembuatannya, sehingga apabila Anda ingin membelinya bisa menyesuaikan dengan budget yang ada. Tentunya sebagai umat muslim kita harus selalu melestarikan setiap kesenian yang ada, terutama yang sangat kental akan sejarah.

Tempat jual hadroh https://www.arrahmanrebana.com/ kini hadir di Jual Hadroh Bandung Jawa Barat dan Jual Hadroh Surabaya Jawa Timur. Yuk segera pesen alat hadroh untuk tim hadroh Anda, hanya di arrahmanrebana tempat jual hadroh berkualitas.

Umat Islam di Bali tentunya merupakan kaum minoritas, namun hingga saat ini mereka mampu mnejalin silahturahmi yang baik dengan agama lainnya. Kerukunan antar agama ini mencerminkan kehidupan masyarakat yang tidak memandang suku, agama, ras ataupun golongan tertentu. Demikian pembahasan kali ini mengenai jual hadroh Denpasar Bali, semoga dapat memberikan infrmasi yang berguna bagi para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?