Jual Hadroh Bandung Jawa Barat 0852-3836-4221

Jual Hadroh Bandung Jawa Barat

Hadroh merupakan musik tradisional yang syarat akan budaya dan juga dakwah Agama Islam, yang mana harus senantiasa kita lestarikan. Berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai sejarah maupun tempat jual hadroh Bandung Jawa Barat.

Jawa Barat sendiri terkenal akan suku Sunda yang merupakan penduduk asli daerah tersebut, dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Kesenian yang sangat kerat kaitannya akan Agama Islam sendiri yakni hadroh yang menggunakan alat musik bernama rebana.

Para Wali Songo sendiri dahulu kala menggunakan kesenian hadroh sebagai media guna berdakwah ke seluruh penjuru Nusantara. Tabuhan rebana mengiringi lantunan syair – syair merdu dan puji – pujian bagi Allah SWT dan Rasul-Nya.

Rebana sendiri masuk kedalam golongan alat musik pukul atau tapuk menggunakan telapak tangan untuk memainkannya. Meskipun terlihat mudah dan sederhana, namun sejatinya alat musik tradisional yang satu ini cukup sulit. Kekompakan dari para pemainnya akan sangat mempengaruhi musik dan juga lantunan syair tersebut.

Lantunan pujian bagi Allah SWT dan Rasul-Nya yang bebarengan dengan rebana ini akan terdengar sangat merdu namun hikmat. Para pemain maupun pendengar meyakini dengan adanya kesenian hadroh ini makin mendekatkan mereka kepada sang pencipta.

Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Bandung Jawa Barat

Seperti daerah Nusantara lainnya, tentunya pada jaman dahulu Bandung masih menganut Agama Hindu dan Budha. Tidak sedikit kerajaan bercorak Hindu maupun Budha yang pernah menguasai tanah Pasundan ini. Mulai dari Kerajaan Salakanagara, Kerajaan Tarumanagara hingga yang terakhir Kerajaan Padjajaran.

Pada sekitaran akhir abad ke 14 barulah Agama Islam masuk ke Bandung, dengan tokohnya yang bernama Bratalegawa atau “ Haji Purwa”. Pangeran Walangsungsang atau Haji Abdullah Iman, Syekh Quro atau Syekh Hasanudin dan juga Syekh Nurjati atau Syekh Datuk Kahfi.

Pada mulanya mereka ini mendirikan pesantren di daerah Karawang, karena memang daerah ini merupakan salah satu daerah yang pengaruh Agama Hindunya cukup kuat. Pesantren yang mereka bangun ini sekitaran tahun 1416 Masehi.

Sejarah penyebaran Agama Islam di Bandung Jawa Barat sendiri tentunya tidak lepas dari peninggalannya, yakni Masjid Mungsolkanas yang sudah berdiri sejak sekitar tahun 1869. Selain sarat akan sejarah masuk dan berkembangnya islam di tanah sunda, Masjid ini juga merupakan basis perlawanan masyarakat Bandung terhadap penjajahan Belanda.

Masjid Mungsolkanas

Penamaannya sendiri dari bahasa Sunda yakni “ Mangga Urang Ngaos Sholawat Ka Kanjeng Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallah”. Penamaan ini tentunya memiliki sebuah arti yang mendalam, dan sangat berkaitan dengan perlawanan mereka terhadap para penjajah.

Para ulama senantiasa memanjatkan Shalawat kepada Nabi Muhammad guna menambah semangat dan daya juang para jamaahnya. Usaha yang berjalan dengan doa tentunya sangat mempengaruhi dari perlawanan mereka pada saat itu, ketika melawan para penjajah di tanah Pasundan khususnya Bandung.

Bahkan hingga saat ini Masjid Mungsolkanas masih berdiri kokoh bebarengan dengan bangunan – bangunan baru yang menghimpitnya. Masjid dengan sejarah panjang akan penyebaran Agama Islam dan perlawanan terhadap Belanda ini berada di Jalan Cihampelas Bandung tepatnya di sebrang Rumah Sakit Advent.

Masjid Mungsolkanas sedari dulu digunakan sebagai pusat pendidikan Agama Islam, serta tidak sedikit juga para ulama dengan nama besar yang pada mulanya merupakan murid Masjid tersebut.

Jual Hadroh Bandung Jawa Barat

testimoni Jual Hadroh Bandung Jawa Barat

Seperti yang sudah kita ketahui, kesenian hadroh dengan alat musik rebana ini sangat erat kaitannya dengan penyebaran Agama Islam pada masa lampau. Alat musik tradisional yang asalnya dari negara Timur Tengah dibawa dan diperkenalkan kepada masyarakat sekitar kala itu.

Dakwah – dakwah islami serta lantunan puji – pujian bagi Allah SWT dan Rasul-Nya selalu menggunakan alat musik rebana. Setiap syair yang indah dengan iringan rebana ini sangat menusuk hati bagi pemain maupun pendengarnya. Mereka akan senantiasa selalu mengingat akan kuasa dan rahmat pemberian Allaw SWT kepada kaumnya.

Acara – acara besar umah Islam tentunya akan kurang lengkap tanpa adanya hadroh, seperti saat Maulid Nabi, menyambut hari raya islam, maupun acara – acara besar lainnya. Tentunya kesenian yang satu ini patut kita lestarikan, selain karena syarat akan Agama juga merupakan media untuk pembelajaran bagi generasi muda.

Meskipun alat musik ini berasal dari Negara Timur tengah, namun seiring berjalannya waktu alat musik tersebut juga masuk dan berkembang dikebudayaan Indonesia. Banyak pengrajin maupun tempat yang jual hadroh Bandung Jawa Barat, Jual Hadroh Surabaya Jawa Timur dan Jual Hadroh Serang Banten yang bisa Anda temui.

Toko Hadroh Online Maupun Offline

Harga hadroh Bandung sendiri sangat bervariasi, tergantung dari bahan dan kualitas yang para penjual tawarkan. Tidak sedikit pula kata kunci jual hadroh bekas Bandung mereka gunakan untuk mencari rebana dengan harga yang mungkin jauh dibawah harga baru.

Arrahmanrebana.com tempat jual hadroh Bandung Jawa Barat sendiri sebenarnya ada banyak, tidak hanya toko offline bahkan saat ini tidak sedikit pengrajin yang memasarkannya melalu situs jual beli online. Dengan adanya toko online pastinya akan sangat membantu para pengrajin yang mungkin masih baru atau bahkan ingin memperluas pasar mereka.

Sejarah masuk Agama Islam di Bandung maupun Nusantara tentunya tidak lepas dari yang namanya alat musik rebana atau kesenian hadroh. Alat musik yang satu ini bahkan kerap kali para Wali Songo menggunakannya pada saat menyebarkan Agama Islam di Nusantara.

Itulah pembahasan kami kali ini seputar sejarah dan tempat jual hadroh di Bandung Jawa Barat. Semoga dengan adanya tulisan ini para generasi muda lebih mengenal sejarah negara tercinta kita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?