Jual Hadroh Bandar Lampung 0852-3836-4221

Jual hadroh bandar Lampung

Realitas Islam sebagai agama mayoritas di Lampung tidak lepas dari perspektif sejarah gelombang Islam di Lampung.

Penyebaran Islam di Lampung memiliki dimensi sejarah yang serupa dengan yang terjadi di Jawa dan beberapa daerah lain yang melahirkan cara pandang atau teori tentang masuknya Islam dan perkembangannya di Nusantara.

Islam memberikan pengaruh dalam mengubah dan mengakomodasi adat istiadat dan budaya masyarakat Lampung, bahkan filosofi Ulun Lampung (Orang Lampung).

Perkembangan peradaban Islam di Lampung turut mewarnai tradisi dan falsafah hidup yang dipertahankan di berbagai daerah di Lampung. Seperti apa sih penyebarluasan Islam pada masyarakat Lampung itu sendiri?

Sejarah  Penyebarluasan Islam di Lampung

Sebelum Islam masuk ke Lampung, terlihat bahwa pengaruh agama Hindu dan Budha cukup kuat yang bersumber dari kerajaan Sriwijaya.

Namun bukti arkeologis tentang pengaruh agama itu belum cukup, seperti di Jawa. Pengaruh kerajaan Sriwijaya di Lampung cukup lama sekitar abad VII dan awal abad XV M.

Kemudian mulai masuknya pengaruh Islam yang berasal dari kerajaan Banten yang dibuktikan dengan berbagai peninggalan sejarah dan arkeologi. Terdapat beberapa teori tentang gelombang Islam di Lampung di antaranya adalah :

  1. Dibawa oleh Pangeran dari Pagaruyung

Ada yang mengatakan bahwa Islam berada di bawah penguasa atau pangeran dari Pagaruyung hingga Lampung. Islam di Lampung dipengaruhi oleh empat tokoh yaitu Umpu Nyerupa, Umpu Bejalan in Way, Umpu Peranong, dan Umpu belunguh. Umpu-umpu disebut cikal bakal pegunungan Sumatera Barat (Pagaruyung).

  1. Islam Dibawa Oleh Pedagang Dari Gujarat

Kedua, Islam dibawa langsung oleh pedagang dari Gujarat India. Pada awal 1128 M, Islam masuk ke Lampung bersama para pedagang Gujarati, dan mereka tinggal di Muara Pasai dan Perlak yang datang ke Lampung, bukan dari Banten.

  1. Dipengaruhi oleh Kerajaan Banten

Ketiga, Islam masuk ke Lampung karena pengaruh Banten, kerajaan yang didirikan oleh Fatahillah. Salah satu versi Islam masuk ke Lampung setelah Fatahillah datang ke Lampung dan menikah dengan Puteri Sinar Alam dari Lampung Selatan. Pernikahan tersebut sebenarnya untuk kepentingan politik karena untuk memperluas pengaruh kerajaan Banten sekaligus menyebarkan agama Islam di Lampung.

Dari hasil perkawinannya tersebut lahirlah seorang putra bernama Muhammad Zaka Waliyullah Ratu Darah Putih, pendiri Keratuan Pugung di Kuripan, Lampung Selatan dan menjadi cikal bakal Raden Intan, seorang Pahlawan Nasional.

Dia meninggal pada tanggal 5 Oktober 1856 melawan Belanda. Pengaruh kesultanan Banten juga terlihat dari makam ulama Banten yang terdapat di Lampung Selatan. Hal tersebut merupakan bukti arkeologis keberadaan ulama Banten yang menyebarkan Islam di Lampung.

Teori Islam yang berasal dari Banten disertai dengan peninggalan arkeologi, menyebutkan bahwa Islam disebarkan langsung oleh Fatahillah (penguasa Banten).

Fatahillah, sebagai salah satu sultan Banten atau Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah, adalah salah satu ulama yang bergabung dengan Wali Songo.

  1. Pengaruh Kesultanan Palembang.

Keempat, Islam berkembang di Lampung setelah masuk melalui pengaruh Kesultanan Palembang. Selain lebih dekat, Palembang merupakan tempat pemasaran lada di luar negeri, sedangkan Lampung merupakan penghasil lada.

  1. Islam di Lampung berasal dari Aceh

Kelima, pendapat lain menyebutkan bahwa Islam di Lampung berasal dari Aceh. Pengaruh Islam yang begitu kuat dalam tradisi dan budaya Lampung relatif masih terjaga dengan baik. Jelas, Islam dianut oleh sebagian penduduk asli Lampung atau Ulun Lampung.

Hal tersebut terlihat dari berbagai upacara adat yang selalu diawali dengan berbagai ritual yang bernafaskan Islam, termasuk di Lampung puisi dan lagu yang dibunyikan bernuansa rebana atau gambus dan aspek budaya adat lainnya.

Fungsi Kesenian Hadroh di Lampung

testimoni Jual hadroh bandar Lampung

Rebana adalah seni hadroh dari Arab yang kemudian menjadi budaya di Lampung. Banyak sekali pertunjukan menggunakan hadroh.

Hadroh di kota Lampung sering sekali digunakan dalam berbagai acara seni budaya dan ritual-ritual keagamaan. Seperti jual hadroh Bandar Lampung.

Pertunjukan hadroh di Lampung biasanya sering digunakan untuk mengiringi acara sunat, pernikahan, pengajian, maulid nabi, hingga acara pelepasan orang yang hendak berangkat haji ke Mekah.

Nah, fungsi hadroh di Lampung sendiri tidak hanya sebagai musik untuk memeriahkan acara saja, ya! Ada beberapa fungsi dari kesenian hadroh yang sering diselenggarakan di Bandar Lampung, di antaranya adalah :

  1. Sebagai Media Dakwah

Hadroh menjadi salah satu bentuk dari media berdakwah kepada masyarakat Lampung. Shalawat yang berisikan zikir kepada Allah dan Nabi Muhammad menjadi salah satu sarana untuk menggerakkan hati masyarakat mengingat Allah.

Dengan hadroh, maka para penggerak agama Islam di Lampung menjadi lebih mudah dalam mensyiarkan agama Islam.

  1. Sebagai Sebuah Seni Tradisi

Di Lampung, ada beberapa tradisi kesenian yang menggunakan hadroh sebagai pengisi acaranya. Mulai dari tarian tradisi hingga festival gambus, masyarakat Lampung menggunakan hadroh ini untuk memeriahkan acara.

  1. Ritual Agama

Banyak sekali ritual agama yang menyelimuti masyarakat Bandar Lampung. Kebanyakan ritual agama Islam yang ada di Lampung menggunakan hadroh sebagai wujud kesakralan acara.

Salah satu ritual agama di Bandar Lampung yang kerap menggunakan hadroh di acaranya adalah barzanji. Kegiatan barzanji adalah melantunkan syair-syair penuh pujian kepada Nabi Muhammad dalam bahasa Arab dan tentunya diiringi dengan hadroh.

Apabila Anda memiliki grup hadroh dan ingin melengkapi peralatan hadroh Anda, beli saja di jual hadroh Bandar Lampung.

Harga peralatan hadroh di jual hadroh Bandar Lampung jauh lebih murah dan tentunya bisa diantar ke tempat. Arrahmanrebana juga hadir di kota-kota besar seperti jual hadroh bengkulu dan Jual Hadroh Palembang Sumatera Selatan. Yuk, pesan sekarang peralatan hadroh Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?