Jual Hadroh Banda Aceh 0852-3836-4221

Jual hadroh Banda Aceh

Islam, adalah agama mayoritas di provinsi Aceh. Awal mula Islam hadir di kota ini adalah ketika banyak kapal dari saudagar Arab berlayar. Posisi strategis Aceh yang penting di sepanjang jalur perdagangan rempah-rempah merupakan faktor penting yang berdampak bagus pada ekonomi Aceh kala itu. Kapal  yang membawa masuk pedagang dan pendatang menjadikan Aceh sebagai pintu masuk Islam ke Nusantara.

Banda Aceh merupakan ibukota Aceh merupakan pusat pembelajaran Islam dan pintu gerbang bagi peziarah yang menuju Mekkah. Meskipun kekuatan Aceh mulai menurun menjelang akhir abad ke-17, provinsi ini tetap merdeka dari Belanda sampai perang diumumkan pada tahun 1871. Perlu waktu 35 tahun sebelum pertempuran berhenti dan sultan terakhir, Tuanku Muhammad Dawot, menyerah.

Sejarah Islam Masuk ke Aceh

Pada tahun 2003 Aceh secara resmi memperkenalkan syariah sebagai hukum di provinsi ini. Aceh menggunakan pemberlakuan tiga peraturan daerah yang melarang :

–          Konsumsi alkohol

–           Perjudian

–          Khalwat (kencan di tempat-tempat terpencil)

Setahun sebelumnya, Aceh mendirikan Dinas Syariat Islam (Badan Syariah). Badan ini bertugas mengkoordinasikan tiga lembaga inti syariah yakni :

–          Mahkamah Syariah (Pengadilan Syariah)

–          Majelis Permusyawaratan Ulama (Majelis Permusyawaratan Ulama)

–          Wilayatul Hisba (Polisi Syariah)

Pada tahun 2009, anggota dewan Aceh memberlakukan qanun jinayat pertama mereka yang sepenuhnya dijanjikan, yang mencakup jarimah (kejahatan) baru seperti perzinahan dan homoseksualitas.

Peraturan tersebut mengatur bahwa pezina bisa dihukum mati dengan rajam. Pada 2014, anggota dewan merevisi jinayat 2009, membatalkan ketentuan rajam. Jinayat 2014 mulai berlaku pada Oktober 2015.

Pada provinsi Aceh, berpacaran yang mendekati zina sangat diharamkan. Khalwat merupakan kejahatan bagi seorang laki-laki dan perempuan yang tidak menikah untuk tinggal bersama di tempat terpencil di Aceh.

Selain itu di Aceh, tinggal dengan yang bukan mahrom disebut khalwat dan dapat dihukum hingga sembilan cambukan, denda 150 gram emas atau 15 bulan penjara.

Di samping khalwat, maysir (perjudian) dan khamar (mengkonsumsi alkohol) juga ilegal menurut syariah. Di bawah jinayat 2014 setidaknya ada beberapa hukuman untuk mereka yang melakukan :

  1. Zina (perzinahan dan seks pra-nikah)
  2. Liwath (seks gay)
  3.  Musahaqah (lesbianisme)
  4.  Qadzaf (menuduh orang lain melakukan perzinahan secara tidak benar)

Semuanya diklasifikasikan sebagai kejahatan. Mereka yang dinyatakan bersalah atas kejahatan tersebut dapat menghadapi hukuman cambukan 100 atau membayar 1.000 gram emas atau 100 bulan penjara. Di negara-negara di mana syariah adalah hukum negara seperti Arab Saudi dan Brunei Darussalam, perzinahan dan homoseksualitas dapat dihukum mati.

Ya, hukum Islam di Aceh memang begitu dijunjung tinggi dan Anda yang ingin menikmati segala seni keislaman, Aceh adalah tempat yang tepat. Salah satu kesenian yang banyak diselenggarakan di Aceh adalah seni hadroh. Jika Anda membutuhkan alat hadroh silahkan hubungi kami arrahmanrebana.com tempat Jual Hadroh Tanjung Pinang Kepulauan Riau dan Jual Hadroh Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung.

Alat-alat Kesenian Hadroh

testimoni Jual hadroh Banda Aceh

Di Aceh, beberapa alat hadroh yang sering digunakan adalah :

  1. Oud

Oud mungkin adalah alat music yang paling terkenal dari semua alat musik Timur Tengah. Alat ini adalah kecapi tanpa fret yang telah menjadi komponen utama dari setiap musik Arab. Namanya dalam bahasa Arab secara langsung diterjemahkan ke dalam ‘sebidang kayu’, mengacu pada bagian luarnya yang berbentuk buah pir dan lehernya yang pendek.

Pertanyaan apakah oud berasal dari Persia atau Mesir kuno masih menjadi perdebatan sengit. Bukti menunjukkan bahwa instrumen yang sama berasal dari kedua lokasi secara paralel hadir sekitar 3.500 tahun yang lalu.

Orang Arab di semenanjung menemukan oud di Persia, yang pada saat itu disebut Barbat, dan mereka mengadopsinya ke dalam budaya mereka sendiri dan menyebutnya oud. Alat music oud ini kadang juga digunakan di setiap kegiatan hadroh dan marawis masyarakat kota Aceh.

  1. Qanun

Qanun adalah papan datar berbentuk trapesium yang terbuat dari kayu yang membawa 81 senar yang direntangkan menjadi tiga bagian.

Sebuah barang menyerupai qanun ditemukan di Mesir kuno dan disebut harpa Mesir. Sejak abad ke-10 M, musik ini telah memasuki budaya Arab dan menjadi bahan pokok musik Arab, termasuk seni hadroh di Aceh. Jika Anda ingin mendapatkan alat hadroh yang lengkap bisa kunjungi jual hadroh Banda Aceh.

Kata qanun dalam bahasa arab berarti hukum. Disebut dengan qanun karena alat musik ini qanun menetapkan hukum nada bagi penyanyi dan alat musik lainnya.

  1. Keprak

Keprak adalah alat musik khas Arab tertua yang masih digunakan sampai sekarang. Alat hadroh ini pertama kali berasal dari Persia sekitar 5.000 tahun yang lalu, dan masih digunakan di berbagai acara keseniah musik hadroh. Cara memainkan keprak sendiri adalah dengan dipukul seperti kendang.

  1. Bass

Bass merupakan alat hadroh yang paling penting kehadirannya dalam seni hadroh karena suaranya memberikan harmonisasi pada setiap pertunjukan. Alat tersebut dimainkan dengan tongkat untuk menghasilkan suara yang menggelegar.

  1. Rebana

Nah, rebana ini menjadi perlengkapan hadroh yang paling dibutuhkan dalam setiap pertunjukan hadroh. Rebana di Negara Arab lebih sering dikenal dengan nama tambourine. Baik rebana maupun tambourine, keduanya alat musik yang digunakan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan.

  1. Daff

Daff umumnya adalah rebana berukuran kecil. Masyarakat Aceh menggunakan daff  bersamaan dengan rebana. Pada negara Lebanon, daff biasanya digunakan oleh para penampil puisi rakyat yang dinyanyikan.

Selain itu pada negara Mesir, daff adalah salah satu instrumen yang secara tradisional digunakan dalam seni pertunjukan yang dikenal sebagai takht.

Anda yang ingin sekali bermain seni hadroh, jual hadroh Banda Aceh bisa menjadi toko kepercayaan Anda untuk mempelajari kesenian Islam dengan lebih dekat lagi. Yuk, segera beli alat hadroh di toko jual hadroh banda Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, Arrahman Jual Alat Hadroh. Ada yang bisa kami bantu?